Jumat 31 Dec 2021 11:35 WIB

Tesla akan Tarik 475 Ribu Mobil di AS

Jumlah mobil yang ditarik hampir setara dengan jumlah mobil yang diproduksi 2020 lalu

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Sedan Tesla terparkir di diler Littleton, Colorado, AS
Foto: AP Photo/David Zalubowski
Sedan Tesla terparkir di diler Littleton, Colorado, AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC -- Tesla akan menarik lebih dari 475 ribu mobil di Amerika Serikat (AS). Hal itu menurut dokumen yang diajukan ke regulator keselamatan AS.

Perusahaan kendaraan listrik mengumumkan penarikan kembali 356.309 kendaraan karena potensi masalah kamera pandangan belakang yang memengaruhi Tesla Model 3 2017-2020. Sebanyak 119.009 kendaraan Model S juga akan ditarik karena potensi masalah dengan bagasi depan, atau bagasi.

Baca Juga

Angka penarikan total hampir setara dengan 500 ribu mobil yang dikirimkan Tesla pada tahun lalu. BBC telah mendekati Tesla untuk memberikan komentar.

Dilansir BBC pada Jumat (31/12), sebuah laporan keselamatan, yang dikirimkan bulan ini, memperkirakan sekitar 1 persen dari Model 3 yang ditarik mungkin memiliki kamera tampak belakang yang rusak.

Seiring waktu pembukaan dan penutupan tutup bagasi yang berulang dapat menyebabkan keausan berlebihan pada kabel yang menyediakan umpan kamera tampak belakang, kata laporan Safety Recall yang disampaikan oleh Tesla kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di AS pada 21 Desember.

Jika keausan menyebabkan inti kabel terpisah "umpan kamera tampak belakang tidak terlihat pada tampilan tengah," catatan laporan. Hilangnya tampilan kamera tinjauan dinilai dapat meningkatkan risiko tabrakan.

Penarikan Model S melibatkan kendaraan yang diproduksi antara 2014 sampai 2021. Beberapa di antaranya mungkin memiliki masalah dengan gerendel sekunder di bagasi depan atau bagasi.

Dalam laporan Safety Recall lainnya, yang juga diajukan pada 21 Desember, Tesla mencatat kesalahan itu bisa berarti, jika gerendel utama terlepas secara tidak sengaja, bagasi depan dapat terbuka tanpa peringatan dan menghalangi visibilitas pengemudi, meningkatkan risiko kecelakaan. Sekitar 14 persen dari Model S yang ditarik mungkin memiliki cacat, catatan laporan tersebut.

Dalam kedua kasus tersebut, laporan tersebut menyatakan, Tesla tidak mengetahui adanya kecelakaan, cedera, atau kematian yang berkaitan dengan potensi kesalahan. Penarikan terbaru bukanlah masalah keamanan pertama yang mendorong tindakan dari perusahaan kendaraan listrik tersebut.

Pekan lalu Tesla setuju untuk membuat perubahan pada fitur Passenger Play-nya, yang memungkinkan game dimainkan di layar sentuhnya saat mobil sedang bergerak. Itu mengambil tindakan setelah penyelidikan diluncurkan oleh NHTSA .

Fitur ini sekarang akan terkunci. Lalu tidak dapat digunakan saat mobil bergerak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement