Jumat 24 Dec 2021 19:32 WIB

Luhut Minta Tol Becakayu Segera Diselesaikan

Pembangunan jalan Tol Becakayu ini sudah dimulai dari 1996

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meninjau proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu pada Jumat (24/12).
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meninjau proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu pada Jumat (24/12).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dapat segera diselesaikan. Pengerjaan tol sudah cukup lama.

"Pembangunan jalan Tol Becakayu ini sudah dimulai dari 1996, tetapi masih dalam proses penyelesaian hingga sekarang. Oleh karena itu, proyek ini harus segera kita tuntaskan," ujar Luhut saat meninjau pembangunan Tol Becakayu di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/12).

Baca Juga

Pada 2015, PT Waskita Karya mengambil alih pembangunan tol dan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sehingga pembangunan dapat terus berjalan. Selain itu, investasi untuk pembangunan tol juga akan terus didorong masuk ke Indonesia.

"Kalau proyek ini bisa segera diselesaikan, kita dapat merasakan manfaat yang luas, utamanya dalam mengurangi kemacetan dan memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat," tambah Luhut.

Luhut juga berpesan kepada Bupati dan Wali Kota untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat bahwa pembangunan tol ini akan diselesaikan untuk kebermanfaatan bersama.

"Saya akan bawa ini ke rapat koordinasi agar tol dapat segera digunakan pada 2022. Penyelesaian hingga seksi 2B sangat penting untuk menyambung ruas tol becakayu hingga selesai, terkait pendanaan bisa melalui kerjasama investasi asing maupun melalui PMN agar proyek segera dapat dituntaskan" kata Luhut.

Direktur Utama PT Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan Tol Becakayu mulai beroperasi pada Maret 2022. Destiawan menyampaikan lalu lintas harian di tol ini pada satu sisi sudah mencapai 17 ribu kendaraan per hari sehingga terlihat jelas manfaatnya bagi masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement