Jumat 24 Dec 2021 15:36 WIB

Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan Jelang Natal

Kenaikan trafik internet saat Natal diprediksi lima persen sampai delapan persen.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Smartfren. Smartfren meningkatkan kapasitas jaringan jelang Natal.
Foto: Google
Smartfren. Smartfren meningkatkan kapasitas jaringan jelang Natal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operator seluler Smartfren meningkatkan kapasitas dan optimasi jaringan untuk mengantisipasi lalu lintas layanan internet selama Natal dan Tahun Baru 2022.

"Peningkatan trafik ini didorong oleh perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online, dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online," kata VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, dalam siaran pers, dikutip Jumat (24/12).

Baca Juga

Mereka memperkirakan kenaikan lalu lintas layanan internet tertinggi pada musim liburan ini berada di wilayah pemukiman. Secara nasional, kenaikan trafik internet saat Natal diprediksi berada di kisaran lima persen sampai delapan persen dibandingkan hari biasa.

Smartfren menaksir kenaikan lalu lintas internet tertinggi berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, sebesar 10 persen. Untuk Tahun Baru 2022, kenaikan trafik internet secara nasional diperkirakan berada di kisaran 10-15 persen, juga di wilayah Jabodetabek.

 

Operator seluler tersebut secara nasional meningkatkan kapasitas jaringan hingga 15 persen untuk mengantisipasi musim libur Natal dan Tahun Baru. Sementara untuk wilayah yang diprediksi mengalami kenaikan lalu lintas internet tertinggi, seperti wilayah Jabodetabek dan Jawa Tengah, kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 20 persen.

Kenaikan lalu lintas layanan internet pada musim liburan ini diprediksi berasal dari layanan streaming video, musik dan pertemuan secara dalam jaringan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement