Selasa 21 Dec 2021 15:07 WIB

Mengapa Orang Habiskan Jutaan Dolar untuk Aset Digital NFT?

NFT bisa menjadi suatu cara bagi seseorang untuk memuaskan diri.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi NFT.
Foto:

Sebagian besar NFT dibangun di atas blockchain ethereum yang terkenal tidak efisien. Semakin banyak orang yang menggunakan ethereum, baik melalui perdagangan altcoin atau membeli NFT, semakin tinggi biayanya. Seseorang bisa menghabiskan sekitar 100 dolar Amerika per transaksi.

Ada fakta bahwa kebanyakan orang yang memperdagangkan NFT melakukannya untuk mendapat untung. Penipuan terjadi di mana pun dan harganya juga berubah. Sebagian besar orang yang membuat, membeli, dan menjual NFT tidak mengetahui atau tidak tertarik dengan teknologinya. Jika ada lompatan teknologi yang terjadi, kemungkinan besar akan dikaburkan oleh pergerakan harga yang memusingkan.

Seiring berjalannya waktu, diperkirakan sekitar 250 ribu orang memperdagangkan NFT setiap bulan di OpenSea, pasar NFT terbesar. Dalam jangka pendek, CoinBase akan segera membuka pasar NFT sendiri di mana dua juta pengguna berada dalam daftar tunggu.

 

Perusahaan raksasa yang sudah menghasilkan uang di luar ruang crypto ingin masuk. Niantic, perusahaan di belakang Pokemon Go baru saja mengumumkan permainan di mana pemain bisa mendapatkan bitcoin.

Twitter dan perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook berencana untuk mengintegrasikan NFT ke dalam platform mereka. Sementara Epic Games mengatakan terbuka untuk melakukan hal serupa. 

Industri gim bersiap masuki pasar NFT

Kini, perusahaan gim video juga bersiap memasuki pasar yang berkembang ini. Ubisoft bulan ini meluncurkan Quartz, sebuah platform di mana pemain dapat memperoleh NFT yang disebut “Digit”- item dalam gim yang mungkin berbentuk senjata atau kendaraan. 

“NFT masih merupakan ceruk pasaar, tetapi kami adalah industri yang benar-benar arus utama,” Nicolas Pouard, kepala inisiatif blockchain di raksasa gim Ubisoft, mengatakan kepada AFP, dikansir dari Japan Today.

Developer gim lainnya seperti Electronic Arts-perusahaan di belakang The Sims dan FIFA -serta Take-Two dan Atari juga telah mengisyaratkan minat pada NFT.

Sementara itu, investor telah menggelontorkan 680 juta dolar Amerika Serikat (AS) tahun ini ke perusahaan rintisan Prancis Sorare, yang platform-nya memungkinkan penggemar olahraga untuk menukar versi NFT dari kartu sepak bola kuno. NFT secara alami dapat dikoleksi, yang membuatnya mudah untuk diintegrasikan ke dalam gim di mana kesenangan berasal dari mengumpulkan objek atau poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement