Selasa 14 Dec 2021 13:18 WIB

Hutama Karya Antisipasi Lonjakan Trafik Nataru 

Hutama Karya menambah kapasitas gardu di sejumlah gerbang tol.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
PT Hutama Karya (Persero) memastikan akan mengantisipasi lonjaka trafik saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Foto:

Koentjoro menambahkan, kelengkapan lain yang disiapkan di setiap ruas JTTS yakni tambahan toilet cabin, mobil tangki air, hindran, layanan derek gratis di jalan tol maupun rest area. Selain itu juga memastikan suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ada di setiap SPBU selalu tersedia, menyiapkan layanan bengkel dan meningkatkan pelayanan dalam memperketat protokol kesehatan. 

“Kami pun menyiapkan pos kesehatan gratis dimana pengguna jalan dapat mengecek kondisi fisiknya secara gratis dan memastikan bahwa petugas tol kami telah divaksin dan terkonfirmasi negatif Covid-19 sebelum diperbolehkan untuk bekerja serta terus menerapkan prokes yang ada di lingkungan jalan tol yang dikelola,” ungkap Koentjoro. 

Selain itu dari sisi pemeliharaan, Koentjoro mengatakan Hutama Karya terus melakukan perawatan dan perbaikan di jalan tol yang dikelola. Dia menuturkan, Hutama Karya menambahkan penunjang operasional tol seperti rumble strip dan rumble dot, warning lamp, CCTV yang berada setiap satu kilometer dengan kamera dua arah sehingga dapat memantau seluruh aktivitas yang berada di jalan tol. 

Koentjoro memastikan, Hutama Karya juga melakukan pemeliharaan secara berkala sesuai SPM demi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol. "Sehingga apabila terjadi kondisi fisik jalan tol yang kurang baik seperti jalan yang berlubang atau bahkan longsor, akan segera kami tangani secepatnya," jelas Koentjoro. 

Hingga saat ini, dia memastikan Hutama Karya belum menerima arahan pemerintah untuk menerapkan penyekatan maupun kebijakan ganjil genap di ruas tol yang dikelola. Dia mengatakan, pada prinsipnya, perusahaan mengikuti arahan dari pemerintah selaku regulator terkait dengan penanganan pencegahan Covid-19. 

 

"Kami selalu memberikan pelayanan yang optimal di jalan tol yang dikelola, termasuk jika nanti ada kebijakan tambahan terkait dengan mobilitas masyarakat di masa PPKM Nataru," kata Koentjoro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement