Sabtu 04 Dec 2021 20:34 WIB

OJK: Pengaduan Konsumen di 2021 Mayoritas Mengenai Fintech

Aduan konsumen ke OJK pada 2021 lebih banyak soal fintech ketimbang perbankan.

Rep: Novita Intan/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Biasanya, aduan konsumen kepada OJK didominasi layanan perbankan. Tahun 2021, laporan terbanyak terkait fintech.
Foto:

Sementara untuk pengaduan mengenai layanan IKNB asuransi sebanyak 5.783, yang meliputi kesulitan klaim asuransi, produk atau layanan tidak sesuai penawaran, dan sengketa antarpihak. Ada pula laporan mengenai permintaan tindak lanjut pengaduan serta legalitas LJK dan produk.

Pengaduan konsumen mengenai layanan pasar modal sebanyak 2.685, yang berisi pengaduan perizinan profesi dan jasa penunjang, gagal bayar, legalitas LJK dan produk, permintaan tindak lanjut pengaduan, dan sistem informasi pengaduan OJK (SIPO). Kendati demikian, Tirta menjelaskan pihaknya tak bisa menyelesaikan seluruh masalah yang diadukan konsumen, lantaran yang diselesaikan hanya pengaduan yang memiliki sengketa atau pelanggaran.

"Kalau tidak ada sengketa seperti pengaduan meminta keringanan untuk mengangsur pembiayaan, OJK tidak bisa menyelesaikannya karena itu bukan wewenang kami," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement