Kamis 18 Nov 2021 09:10 WIB

AS Siapkan Investasi untuk Tingkatkan Kapasitas Vaksin

AS targetkan dapat melakukan 1 miliar suntikan vaksin per tahun.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Sebuah botol dengan vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19. Pemerintahan Joe Biden menyiapkan investasi senilai miliaran dolar bagi pembuat obat untuk meningkatkan produksi vaksin Covid-19 dalam negeri.
Foto:

Investasi yang sedang dipertimbangkan dipastikan dapat mencakup biaya yang terkait dengan fasilitas atau peralatan. Selain itu juga memperkuat staf terlatih dan keberlanjutan jangka panjang untuk vaksin Covid-19.

Manajer advokasi senior di Oxfam America, Robbie Silverman menyambut baik rencana Biden untuk berinvestasi dalam kapasitas produksi vaksin, Meskipun begitu, Silverman menilai langkah tersebut belum cukup.

“Yang benar-benar dibutuhkan dunia adalah distribusi kapasitas produksi vaksin regional, dan sepertinya investasi ini difokuskan untuk membangun kapasitas AS,” kata Silverman.

Silverman menilai saat ini saat membutuhkan perusahaan yang memiliki monopoli atas vaksin Covid-19 untuk mentransfer teknologinya. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan pengaruh dari pemerintah AS.

Silverman memperkirakan, tanpa mentransfer pengetahuan mereka tentang cara membuat vaksin Covid-19 maka produsen di tempat lain akan membutuhkan waktu dua kali lipat untuk mulai membuat dosis. Hal tersebut berdasarkan kenyataan bahwa miliaran vaksin untuk penyakit lain secara rutin dibuat di negara berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement