Kamis 18 Nov 2021 07:57 WIB

K-Pop dan K-Drama Hanya Berdampak Kecil pada Ekonomi Korsel

Eskpor gim lebih memberikan dampak pada ekonomi Korsel.

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Aktor Squid Game asal India Anupam Tripathi (tengah) merupakan jebolan Korea National University of Arts. Squid Game merupakan produk korsel yang paling laris di Netflix.
Foto:

Menurutnya, terdapat korelasi langsung antara kekuatan ekonomi suatu bangsa dan jangkauan budayanya. Contohnya, Produk Domestik Bruto (PDB) India lebih besar daripada Korsel.

PDB India sebesar 2.623 triliun dolar AS pada 2020, sedangkan Korsel 1.631 triliun dolar AS. Tetapi karena standar hidup penting, maka India yang standar hidupnya lebih rendah dibandingkan Korsel, kata Prof. Kim, tidak mendapatkan pengakuan besar dalam soft power-nya.

"Popularitas hallyu meningkatkan citra  positif Korea sehingga lebih banyak yang tertarik untuk belajar mengenal Korea. Makanya hallyu menjadi kebanggaan nasional bagi banyak warga Korea," tutur Prof. Kim.

Baca juga : Harga Emas Melonjak, Kekhawatiran Inflasi Angkat Daya Tarik

Di sisi lain, soft power Korsel yang berasal dari hallyu wave tidak memiliki dampak pada kebijakan internasional Korsel. Ia mencontohkan mengenai kasus 'Comfort Women' yang terus menjadi perselisihan antara Korsel dan Jepang, meski hallyu sangat populer di negara tersebut. Begitu juga hubungan diplomasi antara Korsel dan China yang kerap kali berselisih, meski basis penggemar K-Pop juga besar di sana.

"Pertukaran budaya penting untuk memberi pemahaman mengenai negara satu sama lain, tapi tidak dapat mempengaruhi keputusan politik," kata Prof. Kim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement