Selasa 16 Nov 2021 15:20 WIB

Menyambung Kembali Jalur Kereta di Ranah Minang

Salah satu jalur KA yang akan dihidupkan kembali yaitu dari Naras menuju Sungai Limau

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang anak berada di kereta api wisata jurusan Padang-Padang Pariaman di Stasiun Kereta Api Simpang Haru, Padang, Sumbar.
Foto:

Meningkatkan Keselamatan Perkeretaapian

Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy mengakui tingkat keselamatan perkeretaapian di Sumatra Barat masih rendah. Audy mengapresiasi jika pemerintah pusat juga mengutamakan program untuk menurunkan kecelakaan di perlintasan sebidang. "Kecelakaan sering terjadi. Ada anggaran untuk mengatasi perlintasan sebidang, ini penting karena jalur-jalur kereta api di Sumbar sudah dikuasai banyak pihak," ungkap Audy.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatra Bagian Barat Kementerian Perhubungan Suranto mengatakan tengah fokus pada upaya peningkatan keselamatan perkeretaapian. Saat ini jumlah perlintasan sebidang di jalur KA aktif mencapai 370 titik.

Suranto mengatakan sosialisasi keselamatan akan dilakukan dengan para stakeholders terkait. Selain itu juga melakukan penutupan perlintasan sebidang di Sumatra Barat. "Penutupan perlintasan sebidang sebanyak 111 perlintasan akan dilakukan pada tahun ini," ujar Suranto.

Selain itu pembangunan pintu perlintasan juga akan dilakukan. Begitu juga dengan pembangunan frontage dan JPO serta palang pintu perlintasan sebidang.

 

 

  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement