Sabtu 02 Oct 2021 00:56 WIB

Pertamina Coba Eksplorasi Minyak di Sekitar Gunung Berapi

Pertamina melakukan survei seismik 2D Vibroseis sepanjang 1.000 km di are gunung api

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
PT Pertamina Hulu Migas Jambi Merang (PHE JM) akhirnya mulai melakukan survei seismik 2D Vibroseis sepanjang 1.000 kilometer (km) di sekitar area gunung api atau Sub Vulkanik.
Foto:

Dalam perencanaan SKK Migas, akuisisi dan processing data area Jawa Barat akan dilakukan hingga akhir tahun 2021. Selanjutnya pada tahun 2022 akan dilakukan interpretasi data, dan pada tahun 2023 data yang diperoleh dari kegiatan tersebut dapat dibuka untuk investor.

Kegiatan survei 2D dengan vibroseis di area sub vulkanik pulau Jawa ini merupakan bagian dari komitmen kerja pasti (KKP) WK Jambi Merang di Wilayah Terbuka.

Selain melakukan vibroseismik di atas, melalui program KKP, PHE Jambi Merang juga telah melakukan survey seismic di area laut Indonesia bagian tengah dan timur serta Natuna, serta akan melakukan survei full tensor gravity gradiometry (FTG) yang terdiri atas FTG Iwur-Akimeugah dan FTG Bird’s Head (Kepala Burung). FTG Iwur-Akimeugah mulai beroperasi pada awal Juni 2021 dan saat ini progresnya telah mencapai 54 persen. Program lainnya, PHE JM juga melakukan survei seismic 2D sepanjang 31.908 km persegi telah dilaksanakan tahun 2019.

“Saat ini PHE JM sedang melakukan review data, sebelum diserahkan kepada pemerintah,” ujar Susana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement