Kamis 02 Sep 2021 21:30 WIB

Segmen Distribusi CSAP Tumbuh 18 Persen

Segmen ini berkontribusi sebesar 64 persen atas penjualan konsolidasi CSAP.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Gerai Mitra 10 milik PT Catur Sentosa Adipradana Tbk (CSAP). Bisnis segmen distribusi CSAP tumbuh 18 persen pada semester I 2021.
Foto: CSAP
Gerai Mitra 10 milik PT Catur Sentosa Adipradana Tbk (CSAP). Bisnis segmen distribusi CSAP tumbuh 18 persen pada semester I 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan bahan bangunan dan furnitur tetap meningkat meski pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia pada tahun ini. Hal itu berdampak positif pada kinerja PT Catur Sentosa Adipradana Tbk yang merupakan pemilik jaringan Mitra10 dan Atria. 

Emiten dengan kode saham CSAP tersebut, membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp 6,7 triliun pada semester I 2021. Sekretaris Perusahaan CSAP Idrus Widjajakusuma mengatakan, selain segmen ritel modern, segmen distribusi (bahan bangunan, kimia dan FMCG) pada semester I 2021 membukukan pendapatan sebesar Rp 4,4 triliun.

Baca Juga

Capaian segmen distribusi itu tumbuh 18 persen dibandingkan semester I 2020 yakni Rp 3,8 triliun. Segmen ini berkontribusi sebesar 64 persen atas penjualan konsolidasi CSAP. 

"Kinerja kedua segmen, segmen ritel moderen dan segmen distribusi, berhasil tumbuh positif di enam bulan pertama. Meskipun, CSAP merasakan dampak tekanan pandemi dan pembatasan kegiatan secara global maupun nasional," kata Idrus, Kamis (2/9).

Pertumbuhan angka penjualan secara konsolidasi tersebut berhasil mengangkat kinerja laba perseroan. CSAP berhasil membukukan lonjakan laba bersih sebesar 153 persen pada semester I 2021 menjadi Rp 79 Miliar.

Idrus menambahkan, CSAP pada tahun ini akan melanjutkan strategi ekspansi agresif untuk segmen ritel Mitra10. Perseroan menargetkan untuk memiliki 50 gerai pada 2022-2023. Pada akhir 2021, Mitra10 akan memiliki 42 jaringan toko di seluruh Indonesia. Adapun 8 toko baru akan dirampungkan pada tahun-tahun selanjutnya yang sempat tertunda karena isu pandemi.

"Untuk mendukung rencana tersebut, CSAP pada tahun ini telah menyiapkan belanja modal (capex) sebesar Rp 500 miliar dimana 80 persen dari capex dialokasikan untuk membiayai ekspansi ritel modern Mitra10 dan Atria," kata Idrus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement