Rabu 25 Aug 2021 11:20 WIB

Program Enduro Sahabat Santri Dorong Jiwa Entrepreneurship

Enduro Sahabat Santri merupakan salah satu program terobosan dari industri.

 PT Pertamina Lubricants (PTPL) meluncurkan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Pesantren Majelis Ilmu Rahmatan Lil
Foto: Pertamina
PT Pertamina Lubricants (PTPL) meluncurkan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Pesantren Majelis Ilmu Rahmatan Lil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk kontribusi nyata untuk membentuk generasi muda unggul Indonesia sekaligus sebagai langkah dalam membangun usaha bengkel otomotif yang terintegrasi, PT Pertamina Lubricants (PTPL) meluncurkan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Pesantren Majelis Ilmu Rahmatan Lil'Alamin, Cibubur, Jakarta Timur pada hari Kamis (19/8).

ESS merupakan program pengembangan kewirausahaan (entrepreneurship) dan penerapan ilmu teknis otomotif di bidang perbengkelan roda dua dimana para santri akan di asah kemampuannya dalam berbisnis, berjualan dan memasarkan produk dan jasa (sales dan marketing) dan menekuni ilmu teknis sebagai mekanik bengkel.

Baca Juga

Program pelatihan ESS berlangsung selama lima hari dimana para santri mengikuti serangkaian kegiatan antara lain pelatihan usaha bengkel dan praktik teknis otomotif oleh para mekanik dari Abang Motor Enduro yang merupakan bengkel roda dua binaan CSR PTPL, dilanjutkan dengan pelatihan terkait Kewirausahaan oleh Lucia Hartiningtias dari Balai Besar Peningkatan Produktivitas Bekasi. Para santri juga di ajak untuk belajar creative thinking oleh Muhammad Nur Fauzan dari Komunitas Pemimpin Indonesia dan juga dibekali materi terkait pelumas dan sistem pelumasan serta product knowledge pelumas Pertamina oleh para Technical Specialists ILMA atau Integrated Lubrication Management Academy PTPL.

Selanjutnya setelah melalui masa pelatihan akan diberikan dukungan fasilitas berupa paket pelumas, branding bengkel pondok pesantren dan toolkits perbengkelan serta pendampingan. Seluruh kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan secara berkala.

Pimpinan Pesantren Prof KH Ridwan Muhammad Yusuf dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PTPL yang telah memfasilitasi dan mewadahi para santri untuk menggali potensi jiwa entrepreneur dalam bidang perbengkelan otomotif roda dua.

Perwakilan Balai Besar Peningkatan Produktivitas Bekasi Lucia Hartiningtyas menuturkan harapannya. Enduro Sahabat Santri merupakan salah satu program terobosan dari industri di bidang pemberdayaan masyarakat yang mendukung kemandirian masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Enduro Sahabat Santri merupakan inovasi yang dapat mendorong perluasan kesempatan kerja dan bangkitnya perekonomian Nasional. Program ini perlu terus dilanjutkan untuk dapat memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat khususnya para santri dan alumni santri. "Sukses selalu untuk PTPL, program Enduro Sahabat Santri, mari berkarya tanpa batas,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement