Senin 16 Aug 2021 12:18 WIB

Semester 1, Pertamina Catat Laba Positif Rp 2,6 Triliun

Kinerja positif didorong dari pertumbuhan di sisi penjualan mencapai 25 miliar dolar

PT Pertamina (Persero) berhasil melewati tantangan semester 1 tahun 2021 dengan membukukan laba sebesar 183 juta dolar AS atau setara dengan Rp 2,6 triliun.
Foto:

Pertamina mendukung Pemerintah dalam pemberdayaan UMKM

Pengabdian Pertamina tak berbatas di sektor kesehatan, guna membantu memulihkan perekonomian masyarakat, Pertamina juga menjalankan program pemberdayaan untuk lebih dari 13 ribu UMKM terdampak agar dapat bertahan di tengah pandemi bahkan naik kelas hingga bisa Go Global.

Di tengah pandemi, Pertamina berperan sebagai lokomotif perekonomian nasional

Walaupun demand belum kembali normal, namun Pertamina tetap menjalankan kegiatan operasi di seluruh ekosistem energi dari hulu sampai hilir, termasuk pembangunan berbagai Proyek Strategis Nasional, dengan rata-rata Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 57 persen, jauh di atas target 30 persen. Dengan demikian Pertamina dapat menjaga keberlangsungan hidup 1,2 juta tenaga kerja langsung, serta menciptakan multiplier effect terhadap sekitar 20 juta tenaga kerja secara tidak langsung. Ini merupakan kontribusi Pertamina untuk terus menjadi lokomotif perekonomian nasional. 

Seluruh pencapaian Pertamina ini tidak terlepas dari hasil dan manfaat restrukturisasi yang telah berjalan baik dimana legal endstate untuk beberapa subholding telah tercapai dan dalam proses penyelesaian keseluruhan tahapan.

"Dengan upaya strategis dan terobosan manajemen di semua sektor bisnis, Pertamina berharap dapat melewati tahun kedua pandemi Covid-19 dengan kinerja yang tetap positif. Di samping berkomitmen menjalankan amanah menjaga ketahanan dan layanan energi nasional, Pertamina juga menjalankan peran menggerakkan ekonomi nasional, memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk negara dan masyarakat, tidak hanya berorientasi profit semata," tandas Fajriyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement