Senin 09 Aug 2021 19:11 WIB

Sri Mulyani: OSS Berperan Penting Pulihkan Ekonomi

Sistem OSS salah satu bentuk reformasi struktural mempermudah pelaku usaha mikro

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Pemerintah menyebut kehadiran sistem Online Single Submission (OSS) dapat mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. (ilustrasi)
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Pemerintah menyebut kehadiran sistem Online Single Submission (OSS) dapat mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menyebut kehadiran sistem Online Single Submission (OSS) dapat mendorong pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Hal ini sekaligus dapat memberikan kemudahan perizinan berusaha.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kemudahan izin berusaha bisa memberikan kepastian dan mendorong pemulihan ekonomi nasional. “Kita harapkan akan memberikan kepastian dengan adanya investasi tinggi kita ingin pemulihan Covid-19 bisa berjalan sangat sehat terutama didorong oleh investasi,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Senin (9/8).

Baca Juga

Sri Mulyani menjelaskan sistem OSS merupakan salah satu bentuk reformasi struktural ini mempermudah pelaku usaha mikro hingga besar untuk mendaftarkan usahanya hanya melalui online. “Pengusaha tidak perlu keluar rumah, bisa langsung di tempat usahanya langsung mendapatkan izin, tidak ada ongkos dan tidak ada berbagai peraturan yang memberatkannya,” jelasnya.

Dia menuturkan hal terpenting adalah self declaration yakni jika usahanya kecil dan menengah dengan risiko rendah maka otomatis akan langsung keluar izin usahanya tanpa persyaratan. “Kalau izin usahanya memang membutuhkan suatu izin lingkungan karena memiliki kategori tinggi maka dia akan melalui satu persyaratan,” ucapnya.

Sri Mulyani memastikan pihaknya akan terus bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk melakukan koordinasi dalam rangka meningkatkan investasi. “Kita berharap tren ini bertahan untuk bisa memulihkan perekonomian Indonesia, menciptakan kesempatan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Terlebih pada triwulan kedua tahun ini, menurutnya pertumbuhan investasi langsung menunjukkan catatan positif. Pada penutup semester ganjil, pertumbuhan investasi di atas tujuh persen.

Bendahara negara ini juga menaruh harapan besar agar investasi langsung bisa terus tumbuh, sehingga bisa memberikan peluang terciptanya lapangan pekerjaan masyarakat. "Diharapkan terus bertahan menciptakan kesempatan kerja masyarakat. Selamat Pak Bahlil sudah meluncurkan dan semoga yang dilakukan membuahkan investasi yang baik," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement