Jumat 30 Jul 2021 23:07 WIB

Akhlak Dorong Kinerja AP II

Akhlak mampu mendorong SDM AP II lebih berani keluar dari zona nyaman.

Calon penumpang berjalan untuk lapor diri sebelum naik pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (23/12/2020).
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Calon penumpang berjalan untuk lapor diri sebelum naik pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (23/12/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Transformasi budaya SDM berbasis Akhlak mendorong PT Angkasa Pura II (Persero) meningkatkan kinerja dan melahirkan berbagai inovasi meski di tengah pandemi Covid-19.

Akhlak adalah nilai organisasi yang dideklarasikan Kementerian BUMN pada 1 Juli 2020 dan ditetapkan di seluruh BUMN, yang merupakan  akronim amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. 

Pada refleksi satu tahun implementasi Akhlak sebagai nilai perusahaan AP II Group, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan,  Akhlak mampu mendorong SDM AP II lebih berani keluar dari zona nyaman dan meninggalkan pola pikir lama. 

“Sejak Juli 2020, AP II menerapkan Akhlak sebagai core values perusahaan. Refleksi satu tahun implementasi Akhlak menjadi momentum transformasi budaya SDM AP II untuk meninggalkan zona nyaman serta mengubah pola pikir lama,” katanya dalam keterangan kepada Republika, Jumat (30/5)

Menurut dia, SDM AP II selalu berpegang pada nilai Akhlak dalam menjaga operasional bandara, konektivitas udara nasional, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Ini yang membuat AP II tetap kuat, mampu beradaptasi, tidak mudah menyerah, dan bersama melewati kondisi sulit di tengah pandemi guna memastikan seluruh bandara yang dikelola bisa mendukung penerbangan nasional serta menjaga konektivitas udara Indonesia.

Di tengah pandemi ini, bandara yang dikelola AP II dapat mempertahankan operasional dalam melayani penerbangan reguler maupun repatriasi WNI, membawa bantuan penanganan pandemi, hingga penerbangan membawa vaksinasi.

Bandara Soekarno-Hatta, sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia serta pintu gerbang utama negara tetap dioperasikan 24 jam setiap harinya. 

Dalam satu tahun implementasi Akhlak, AP II menjalankan sejumlah program untuk pemahaman budaya tersebut, antara lain Akhlak in Mobile Learning, Culture Summit, Culture Story, dan diperkuat serial webinar serta Leaders Talk

AP II juga melahirkan program Angkasa Muda untuk mendorong milenial sebagai agen perubahan di perseroan. Awaluddin mengatakan, transformasi budaya SDM berbasis Akhlak sangat mendukung transformasi digital yang dijalankan AP II sejak 2016.  

Transformasi digital AP II kini tengah menapaki kurva kedua transformsi dengan mengusung The Great 2020 yaitu go global, resilient in operation, enthusiasm in service, accelerating in business, dan talent development

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement