Kamis 22 Jul 2021 09:59 WIB

BSI Automigrasi 3,9 Juta Nasabah Eks BRI Syariah

Jumlah tersebut setara dengan 28 persen dari total nasabah BSI.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi
 Seorang nasabah menunggu di dekat logo Bank Syariah Indonesia (ilustrasi). Bank Syariah Indonesia melakukan automigrasi terhadap 3,9 juta nasabah eks BRI Syariah.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Seorang nasabah menunggu di dekat logo Bank Syariah Indonesia (ilustrasi). Bank Syariah Indonesia melakukan automigrasi terhadap 3,9 juta nasabah eks BRI Syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk melakukan proses automigrasi lebih dari 395 ribu rekening nasabah eks BRI Syariah pada 21 Juli 2021. Saat ini sebanyak 3,9 juta nasabah eks BRI Syariah telah melakukan migrasi ke sistem Bank Syariah Indonesia.

Jumlah tersebut setara dengan 28 persen dari total nasabah BSI. Proses automigrasi bertujuan mempercepat proses integrasi sistem tiga bank umum syariah setelah merger sehingga nasabah bisa menikmati produk dan layanan Bank Syariah Indonesia dengan optimal.

Baca Juga

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, automigrasi dilakukan terhadap nasabah eks BRI Syariah dengan jumlah DPK senilai Rp 9,7 triliun. Selain itu automigrasi juga dilakukan terhadap 76 ribu rekening pembiayaan dengan nilai Rp 15,6 triliun.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19 dan pemberlakukan PPKM level 3 dan level 4, BSI tetap optimistis pelaksanaan migrasi bisa berjalan sesuai target yang ditentukan," kata Hery dalam keterangan tulis.

Seiring dengan pemberlakukan PPKM tersebut, Bank Syariah Indonesia telah mengubah skema migrasi sehingga nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang. Kartu ATM eks BRI Syariah dan eks BNI Syariah masih bisa digunakan. Nasabah eks BRI Syariah dan eks BNIS juga sudah bisa memindahkan mobile banking ke BSI Mobile karena platform terdahulu sudah tidak bisa digunakan.

Untuk kemudahan transaksi, nasabah eks BRI Syariah dapat mengaktifkan layanan digital BSI Mobile dengan cara mengunduh via Google Play Store atau App Store. Dengan automigrasi, nasabah BRI Syariah jugs dapat melakukan transaksi perbankan di ATM Bank Syariah Indonesia terdekat di seluruh Indonesia.  

Pasca peresmian pada 1 Februari 2021 lalu, Bank Syariah Indonesia melakukan proses migrasi secara bertahap yang dimulai dari wilayah Regional Sulawesi dan sekitarnya. Lalu dilanjutkan dengan Regional Jawa Tengah, Regional Aceh, serta Regional Sumatra (Palembang, Medan, Padang, dan kota lainnya).

 

Secara berurutan migrasi sistem telah dilaksanakan di Jakarta dan Bandung pada 5 Juli serta Surabaya dan Banjarmasin pada 12 Juli untuk nasabah payroll, priority dan lainnya. Selanjutnya, BSI akan melakukan automigrasi rekening eks BNI syariah pada 9 Agustus 2021.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement