Kamis 08 Jul 2021 15:54 WIB

Wamen BUMN: Kondisi BUMN Kontruksi Cukup Memprihatinkan

Tekanan Covid-19 berdampak pada kontrak baru dan penjualan serta penugasan berat

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Pekerja menyelesaikan konstruksi stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/9/2020). Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 56 persen dan ditargetkan akan dapat digunakan pada awal tahun 2023
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Pekerja menyelesaikan konstruksi stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/9/2020). Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 56 persen dan ditargetkan akan dapat digunakan pada awal tahun 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kondisi perusahaan BUMN karya atau sektor konstruksi mengalami kesulitan saat ini. Hal ini, ucap pria yang akrab disapa Tiko, lantaran dampak pandemi dan juga penugasan pemerintah.

"Kondisi (BUMN) karya kita saat ini cukup memprihatinkan karena kombinasi dua hal, karena tekanan Covid-19 yang berdampak pada kontrak baru dan penjualan; serta penugasan yang sangat berat," ujar Tiko saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/7).

Tiko menyebut penugasan tersebut tidak mendapat dukungan dari sisi Penyertaan Modal Negara (PMN) yang memadai. Tiko menyebut selama periode 2017 hingga 2019 tidak ada PMN bagi BUMN dalam melakukan penugasan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Tiko mengatakan Perumnas yang mengalami penurunan pendapatan akibat melambatnya penjualan rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal ini mengakibatkan, invetori rumah Perumnas yang besar berdampak pada peningkatan rasio utang meningkat tajam.

"Kami sedang melakukan restrukturisasi untuk memastikan ke depan neraca dan ekuitas memadai. Kita ingin adanya tambahan PMN untuk memastikan penugasan Perumnas membangun rumah untuk MBR bisa dilanjutkan secara berkelanjutan," lanjut Tiko.

Sementara Waskita Karya, ucap Tiko, peningkatan utang akibat penugasan untuk mengambil alih tol-tol swasta yang mangkrak seperti ruas tol Ngawi-Kertosono, Pejagan-Pemalang, hingga Pemalang-Batang, pada 2015 hingga 2016. Tiko menyebut utang Waskita saat ini mencapai Rp 50 triliun dalam bentuk obligasi Rp 20 triliun dan Rp 20 triliun utang ke vendor

"Kami sudah melakukan restrukturisasi menyeluruh. Ada dua skema dukungan pemerintah yakni Rp 19 triliun untuk penjaminan penyelesaian proyek-proyek yang sudah ada dan Rp 17 triliun untuk modal baru karena banyak modal terserap untuk menggarap tol di masa lalu," ungkap Tiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement