Selasa 29 Jun 2021 06:45 WIB

BNI Catat Sebanyak 750 Agen46 dapat Kucuran KUR Rp 500 juta

Agen46 merupakan program yang disiapkan BNI untuk merealisasikan inklusi keuangan

Rep: novita intan/ Red: Hiru Muhammad
BNI mempercepat transformasi digital layanannya dengan berbagai channel elektronik champion seperti BNI Mobile Banking, jaringan digital branches termasuk Agen46, ATM, SMS Banking, Internet Banking, hingga CRM untuk segmen konsumer.
Foto: BNI
BNI mempercepat transformasi digital layanannya dengan berbagai channel elektronik champion seperti BNI Mobile Banking, jaringan digital branches termasuk Agen46, ATM, SMS Banking, Internet Banking, hingga CRM untuk segmen konsumer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencatatkan sebanyak 750 Agen46 atau agen layanan keuangan tanpa kantor (Laku Pandai) memperoleh kucuran kredit usaha rakyat (KUR).

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan salah satu keuntungan yang diperoleh setelah menjadi BNI Agen46 adalah berpeluang mendapatkan dukungan pembiayaan dari BNI berupa KUR maksimal Rp 500 juta per orang yang digunakan sebagai modal memperbesar usaha.

“Manfaat menjadi BNI Agen46 bukan hanya untung karena mendapatkan penghasilan tambahan dari fee transaksi, melainkan juga mendapatkan KUR. Ini memungkinkan karena rekam jejak transaksi BNI Agen46 sudah pasti tercatat BNI," ujarnya dalam keterangan resmi seperti dikutip Selasa (29/6).

Royke menuturkan Agen46 merupakan program yang disiapkan oleh BNI untuk merealisasikan inklusi keuangan dengan layanan tanpa kantor, dengan tagline BNI Agen46 Melayani Paling Dekat. Para agen tersebut, lanjut Royke, merupakan simbol dari ikhtiar yang dilakukan BNI untuk terus menerus melahirkan produk keuangan yang sederhana, sehingga semakin mendekatkan layanan keuangan kepada masyarakat yang memiliki akses terbatas dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan.

Menurutnya Agen46 merupakan perpanjangan tangan dari BNI yang dapat memberikan layanan paling dekat dengan masyarakat yang terbatas aksesnya ke outlet-outlet BNI. Saat ini ada sekitar 200 fitur layanan keuangan yang dapat disajikan BNI Agen46 kepada masyarakat.“Dan yang membanggakan kami, terutama menjelang HUT ke-75 BNI, adanya kepercayaan masyarakat terhadap BNI Agen46. Saat ini sudah terdapat sekitar 156 ribu BNI Agen46 yang tersebar 31 ribu kelurahan atau desa, dan enam ribu kecamatan,” kata Royke.

BNI Agen46 yang pertama kali dibentuk di Desa Kolo, Bima, Nusa Tenggara Barat, pada 2015, dapat melayani hampir seluruh transaksi yang biasa disajikan di kantor cabang atau mesin ATM BNI. Mulai dari buka rekening BNI, transfer antar bank, setor tunai, transfer antar BNI, tarik tunai, membayar tagihan PLN, membayar cicilan motor, hingga top up pulsa atau paket data GSM.

Agen46 juga efektif dalam menyalurkan berbagai bantuan atau subsidi yang diberikan oleh pemerintah dengan lebih akurat, lebih tepat sasaran, lebih tepat jumlah, dan lebih tepat waktu. Pelayanan yang kerap diberikan melalui BNI Agen46 mulai dari transaksi wallet program bantuan sembako hingga tarik tunai program keluarga harapan (PKH).

Jika rajin memberikan layanan, satu Agen46 berpotensi mendapatkan tambahan penghasilan sebesar Rp 5 juta per bulan atau bahkan lebih dari layanan transaksi berbayar (chargeable). BNI berusaha membuka kesempatan kepada masyarakat lain yang belum bergabung menjadi Agen46 untuk menjadi bagian keluarga besar BNI. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement