Senin 28 Jun 2021 06:20 WIB

Ini Empat Fokus Utama Transformasi Digital Kemenkominfo

Empat fokus ini ada dalam Roadmap Indonesia Digital 2021-2024.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Menkominfo Johnny G Plate
Foto:

Satelit yang akan diluncurkan di Amerika Serikat pada 2023 digunakan untuk penyediaan akses internet di 150 ribu titik layanan publik dari total 501.112 titik layanan publik di Indonesia yang belum tersedia akses internet. “Fasilitas internet pada 150 ribu titik layanan publik tersebut terdiri atas 3.700 fasilitas kesehatan, 93.900 sekolah atau pesantren, 47.900 kantor desa dan kelurahan, serta 4.500 titik layanan publik lainnya. Untuk komersial operation-nya di Kuartal ke-4 di tahun yang sama dan saat ini sudah rampung ke dalam tahap pembiayaan,” ungkap Politikus  Partai NasDem itu.

Adapun di jaringan last-mile, saat ini Indonesia memiliki 480 ribu Base Transceiver Station (BTS) dibangun Kementerian Kominfo bersama operator seluler untuk mendukung jaringan mobile broadband. Tak Hanya itu, Johnny juga menyebut Kominfo juga menjadi leading sector untuk mempersiapkan terbentuknya masyarakat digital, di antaranya; Pemerintahan Digital, Ekonomi Digital, hingga Peningkatan SDM Digital.

Kemkominfo telah menyiapkan pembangunan pusat-pusat data yang akan ditempatkan di empat lokasi berbeda. “Ada empat pusat data yang direncanakan akan dibangun, pusat data besar yang akan menggunakan cloud technology untuk server dan pelayanan Pemerintahan digital. Itu akan dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) yang sedang berproses sekarang di Jakarta di Jabodetabek,” katanya.

Untuk lokasi kedua, Kementerian Kominfo sedang melakukan pemeriksaan di wilayah Batam. Ketiga, di lokasi Ibu Kota Negara Baru atau di Balikpapan untuk Wilayah Indonesia Tengah. Juga, di Labuan Bajo untuk pelayanan pemerintahan di Wilayah Indonesia Timur.  “Jadi, ada empat titik pusat data yang nanti akan digunakan dalam rangka Satu Data Indonesia (SDI) dan layanan pemerintahan,” ungkap Johnny.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement