Ahad 20 Jun 2021 12:16 WIB

Kembangkan Layanan, AP II Siapkan Super App

Super app travelin menjadi solusi layanan bagi penumpang pesawat di bandara

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
Calon penumpang pesawat melihat papan jadwal keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (23/4/2021). PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta memastikan tetap ada penerbangan reguler pada 22 April hingga 5 Mei 2021 dengan memberlakukan pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) atas dasar Addendum Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomer 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 H.
Foto: ANTARA/Fauzan
Calon penumpang pesawat melihat papan jadwal keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (23/4/2021). PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno Hatta memastikan tetap ada penerbangan reguler pada 22 April hingga 5 Mei 2021 dengan memberlakukan pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) atas dasar Addendum Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomer 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 H.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Angakasa Pura (AP) II (Persero) menyiapkan super app untuk mengembangkan layanan bandara. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan aplikasi tersebut dibuat mempertajam penetrasi Airport of The Future pada aspek pelayanan. 

"Aplikasi mobile travelin milik perseroan yang saat ini sudah bisa di-download di App Store (iOS) dan Play Store (Android), untuk menjadi super app di sektor kebandarudaraan dan pariwisata," kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya Ahad (20/6). 

Awaluddin menuturkan, super app travelin menjadi solusi bagi penumpang pesawat untuk mendapatkan berbagai pelayanan dan kebutuhan di bandara AP II. Dia mengatakan, super app travelin akan menjadi suatu State of The Art Technology bagi AP II di bidang pelayanan bandara.

"Ini menjadi suatu single platform dengan multi content dan multi application yang digunakan oleh multi user," tutur Awaluddin. 

Dia menambahakan, super app travelin juga menjadi game changer untuk aspek pelayanan kebandarudaraan termasuk di tengah pandemi Covid-19. Begitu juga untuk mewujudkan seamless journey experience. 

"Sangat kami harapkan aplikasi suer app ini dapat berkontribusi maksimal pada pertumbuhan sektor penerbangan dan pariwisata,” ujarnya. 

Awaluddin mengatakan realisasi travelin menjadi super app diharapkan dapat diwujudkan pada Juli 2021. Dia memastikan, saat ini progresnya berjalan baik dengan menyiapkan sejumlah layanan atau fitur baru yang diintegrasikan untuk melengkapi fitur eksisting. 

Dia mengayakn super app, travelin akan memiliki beragam layanan atau fitur di titik pre-journey, on-journey, dan post-journey. Awaluddin memastikan, super app travelin beserta fitur-fiturnya berjalan di smartphone atau gadget dengan didukung Airport ID atau Customer Data Management Platform AP II sebagai Enterprise Big Data yang mengkolaborasikan ekosistem Travel, Tourism, Transportation (3T) untuk menganalisis profil dari setiap pengguna sehingga kebutuhan dan keperluan dapat diketahui dengan cepat. 

"AP II juga bisa beroperasi dengan lebih ringkas karena adanya big data dapat mengoptimalkan sumber daya," kata Awaluddin.  

Aplikasi mobile app travelin saat ini sudah diunduh sebanyak 415 ribu user pengguna jasa bandara melalui platform Appstrore (iOS) dan Play Store (Android). Awaluddin menargetkan pada tahun ini jumlah dapat mencapai satu juta user. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement