Kamis 10 Jun 2021 14:45 WIB

BRI-MoneyGram Permudah Pengiriman Uang dari Luar Negeri

Diperkirakan jumlah pengiriman dana dari luar negeri ke Indonesia sekitar 9,8 miliar

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan kerja sama remitansi dengan salah satu perusahaan Penyelenggara Transfer Dana (PTD) global yaitu MoneyGram International, Inc pada Kamis (10/6) di Jakarta.
Foto: BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan kerja sama remitansi dengan salah satu perusahaan Penyelenggara Transfer Dana (PTD) global yaitu MoneyGram International, Inc pada Kamis (10/6) di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan kerja sama remitansi dengan salah satu perusahaan Penyelenggara Transfer Dana (PTD) global yaitu MoneyGram International, Inc pada Kamis (10/6) di Jakarta. Kini pengguna jasa MoneyGram di seluruh dunia dapat menggunakan website ataupun mobile app milik MoneyGram untuk mengirimkan dana ke keluarga ataupun rekan mereka di Indonesia.

Pengiriman dana bisa dilakukan dengan dua alternatif. Pertama dikirimkan langsung dari luar negeri ke rekening BRI penerima yang ada di Indonesia. Ataupun kedua secara cash pick up, dimana penerima dapat mengambil dana tunai langsung di seluruh Unit Kerja BRI yang berada di seluruh Indonesia.

“BRI mengapresiasi kerja sama yang dilakukan dengan MoneyGram ini, khususnya dalam menghadapi dinamika perkembangan teknologi di industri cross-border payment global. Salah satu cara terbaik dalam memperluas pasar serta membantu para nasabah BRI, adalah melalui kerja sama dengan MoneyGram yang telah memiliki jaringan global yang luas. Kami sangat berharap kerja sama strategis ini dapat berjalan dengan sukses dan berkelanjutan,” kata Senior Executive Vice President (SEVP) Treasury & Global Services BRI Listiarini Dewajanti, dalam siaran persnya, Kamis (10/6).

Berdasarkan dataWorld Bank, diperkirakan jumlah pengiriman dana dari luar negeri ke Indonesia sekitar 9,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp 142 triliun (kurs dolar Rp 14.500). Jumlah tersebut terbilang jumbo dan dibutuhkan dukungan jaringan yang luas untuk memudahkan masyarakat mengambil uang kiriman dari luar negeri. Dengan jumlah unit kerja lebih dari 9 ribu outlet dan tersebar di seluruh Indonesia, BRI optimistis dapat memberikan layanan terbaik khususnya bagi para penerima dana yang membutuhkan pengambilan dana secara cepat dan efisien.

Adapun untuk memberikan layanan yang lebih baik. Pada tahap berikutnya, BRI dan MoneyGram berencana untuk menyediakan fasilitas layanan pengiriman dana keluar negeri. “Suatu kehormatan untuk dapat menjadi partner BRI di Indonesia. Dengan tambahan jaringan yang lebih luas, kami akan menyediakan pelayanan yang lebih nyaman untuk para pelanggan. Kami sangat bersemangat dengan kerja sama ini, dan akan terus mengembangkan penawaran produk serta melebarkan jangkauan kami di Indonesia,” ungkap MoneyGram Head of South East Asia and Indo China, Vijay Poduval.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement