Ahad 30 May 2021 05:22 WIB

Pelni Sediakan Alat Genose di Dalam Kapal

Genose ada di seluruh 26 kapal penumpang Pelni untuk memastikan kondisi kesehatan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah warga mengikuti tes cepat COVID-19 dengan metode GeNose.
Foto: Antara/Fauzan
Sejumlah warga mengikuti tes cepat COVID-19 dengan metode GeNose.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni ) menjadi perusahaan pelayaran pertama yang menyediakan perlengkapan Genose di dalam kapal. Alat screening Covid-19 tersebut ada di seluruh 26 kapal penumpang Pelni untuk memastikan kondisi kesehatan.

"Alat ini digunakan sebagai skrining kesehatan bagi kru kapal yang bertugas," kata Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Opik Taufik dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (29/5).

Baca Juga

Opik memastikan, alat tersebut juga dapat digunakan bagi penumpang kapal Pelni yang ditengah pelayaran menunjukan gejala tertentu. Dia menuturkan, alat tersebut semakin melengkapi fasilitas kesehatan di atas kapal Pelni.

Dia menambahkan, seluruh kapal penumpang Pelni dilengkapi dengan tenaga dokter yang ikut sepanjang pelayaran. Selain dokter, kta Opik, kapal Pelni juga memiliki ruang pemeriksaan beserta obat-obatan dan ruang perawatan bagi yang membutuhkan.

"Kami juga terus melaksanakan penyemprotan disinfektan dan menjaga physical distancing pada setiap pelayarannya, jadi pelanggan dapat semakin mempercayakan perjalanannya dengan kapal Pelni,” ungkap Opik.

Hingga saat ini, Opik mengtakan Pelni memiliki sebanyak 2.737 ABK yang bertugas melayani pelanggan di 26 kapal penumpang. Dia memastikan, Pelni terus memantau kesehatan kru kapal yang bertugas untuk memastikan setiap pelayaran aman untuk melayani pelanggan.

"Dengan adanya alat ini, perusahaan bisa lebih cepat mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk pencegahan dini,” tutur Opik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement