Kamis 27 May 2021 16:40 WIB

Jaga Harga, Berdikari Jamin Kualitas Kebutuhan Daging Segar

Suplai daging sapi melalui RPH akan membantu pemerintah menjaga stabilitas harga.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Petugas memotong daging hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH). ilustrasi Foto: Abdan Syakura/Republika
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Petugas memotong daging hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH). ilustrasi Foto: Abdan Syakura/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Jaga suplai dan harga daging di tengah masyarakat, Berdikari kerja sama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) di Balaraja, Tangerang. Adapun kerja sama berupa kerja sama operasional (KSO) dan suplai sapi dengan kualitas aman, sehat, utuh, halal (ASUH). 

Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara mengatakan fasilitas feedlot hingga 700 ekor sapi, serta kapasitas potong lebih dari 10 ekor sapi per-harinya, RPH ini dapat mencukupi kebutuhan daging segar di daerah Jabodetabek khususnya pasar-pasar sekitar RPH, RPH Balaraja telah menyuplai secara rutin daging segar pasar di wilayah Cikupa, Cisoka, Cikande, Cengkareng, Pandeglang, hingga pasar Tanah Abang. 

Baca Juga

“Selain mengoptimalkan fasilitas feedlot dan kapasitas potong dari RPH Balaraja, Berdikari melalui anak usaha Berdikari Logistik Indonesia (BLI) dapat menyiapkan fasilitas cold storage untuk mendistribusikan daging impor sapi Brazil kepada masyarakat sekitar,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (27/5).

Menurutnya suplai daging sapi melalui RPH akan membantu pemerintah untuk menjaga stabilitas harga sesuai dengan harga yang telah ditetapkan, juga memberikan pilihan akses kepada masyarakat akan kebutuhan daging segar maupun daging beku. Adapun kerja sama ini merupakan komitmen Berdikari sebagai BUMN pangan dalam kontribusinya sebagai buffer stock pangan khususnya daging sapi bagi masyarakat. 

“Sebagaimana komitmen Berdikari sebagai anggota dari BUMN klaster pangan untuk mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” ucapnya.

Sementara Pemilik RPH Balaraja Kartiko Abi Seno menambahkan kerja sama ini membantu dalam meningkatkan suplai daging sapi kepada masyarakat khususnya area barat Balaraja yang merupakan saluran distribusi.

“Dari hasil potong RPH kami dan pemanfaatan fasilitas feedlot serta mengoptimal kapasitas potong dari RPH dapat membantu menjaga stabilitas harga karena suplainya tercukupi,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement