Rabu 12 May 2021 15:10 WIB

Kementan Dorong UMKM Hortikultura Tampilkan Kemasan Menarik

Tampilan kemasan akan menjadi penunjang utama dalam pemasaran produk.

Tampilan kemasan akan menjadi penunjang utama dalam pemasaran produk. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya terus mengedepankan produk hortikultura berdaya saing.
Foto:

“Pengemasan tidak hanya untuk mempercantik produk namun banyak sekali manfaatnya antara lain menjaga produk pangan agar tetap bersih, terlindung dari kotoran dan kontaminasi. Selain itu menjaga produk dari kerusakan fisik  dari remuk, pecah, penyok, perubahan kadar air dan pengaruh sinar matahari,” ujar pemilik D and D packaging, Maria Magdalena saat mengisi acara.

Selain itu, kata Maria, pengemasan memudahkan dalam membuka/menutup, memudahkan dalam penyimpanan, memudahkan dalam penanganan, pengangkutan dan distribusi sekaligus memberikan informasi tentang produk melalui label kemasan.

Peserta lain, produsen secang, jahe dan kunyit asal Tangerang, Yopi menyampaikan bahwa Webinar Bimtek Pengemasan ini sangat menarik dan perlu di buat lagi karena masih banyak sekali pengetahuan dan ilmu yang diperlukan.

Koordinator Pengolahan Hasil Hortikultura, Diah Ismayaningrum menyampaikan meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid tidak mengurangi antusias peserta UMKM dari Sabang sampai Merauke. “Dalam dua tahun ini memang kita tidak bisa mengadakan pelatihan / bimtek secara offline dikarenakan pembatasan, namun kita akan terus upayakan untuk dapat melakukan bimtek atau webinar secara online atau Zoom Meeting supaya keberlanjutan pengawalan kepada para pelaku UMKM Pengolahan Hortikultura dapat terus berjalan," pungkas Diah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement