Kamis 01 Apr 2021 20:24 WIB

Mentan: Potensi Pertanian di Pesisir Perkuat Kedaulatan

Sektor pertanian memiliki potensi yang besar menjadi bagian ekosistem pesisir.

Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam kuliah umum Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021, Jakarta, Kamis (1/4)
Foto: Kementan
Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam kuliah umum Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021, Jakarta, Kamis (1/4)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan sektor pertanian memiliki potensi yang besar menjadi bagian ekosistem pesisir. Penduduk pesisir dapat memanfaatkan potensi pangan nonberas yang dapat dikelola di lahan daratan di sekitar wilayah pesisir.

Menurut Syahrul hal ini sangat memungkinkan untuk dikembangkan, karena dukungan sumber daya manusia tersedia dalam jumlah banyak. Masyarakat yang tidak sedang bekerja sebagai nelayan dapat diarahkan untuk mengelola lahan pertanian yang ada.

Baca Juga

“Sektor pertanian dapat dipadukan dengan kegiatan sektor perikanan, bahkan sektor pariwisata juga sangat berpotensi untuk dikembangkan dalam jangka panjang, yang akan dapat menopang terwujudnya ketahanan pangan berkelanjutan,” tegas Mentan dalam kuliah umum Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021, Jakarta, Kamis (1/4), dalam siaran persnya.

 

photo
Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam kuliah umum Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-59 TA 2021, Jakarta, Kamis (1/4) - (Kementan)

 

Mentan memberikan penegasan kedaulatan bangsa menjadi keharusan yang harus dipertahankan, dan menjadi kewajiban semua pihak. Pembinaan Desa Pesisir Guna Mendukung Ketahanan Pangan Nasional menjadi sangat penting bagi pengembangan sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan penyangga kedaulatan bangsa.

“Atas dasar hal tersebut pada kesempatan hari ini, kami Kementerian Pertanian mengajak Saudara sekalian sebagai Pamen, baik yang berlatar belakang TNI maupun Polri, bahkan dari Negara sahabat kita Malaysia, Singapura, Pakistan dan Uni Emirat Arab untuk bekerjasama mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional bahkan Dunia melalui kerjasama pembinaan wilayah desa pesisir,” jelas Mentan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement