Jumat 05 Mar 2021 14:32 WIB

Apple Diselidiki Atas Tuduhan Persaingan tak Sehat di Eropa

Apple diselidiki apa memiliki posisi dominan dalam distribusi aplikasi di App Store.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi app store)
Foto:

Perselisihan tersebut berpusat pada pemotongan hingga 30 persen yang diambil oleh kedua raksasa teknologi ketika orang membeli aplikasi, langganan atau item dalam aplikasi di Apple App Store atau Google Play Store. Epic juga merasa kesulitan dalam meluncurkan aplikasi seluler tanpa mengirimkan  untuk aturan toko aplikasi kedua perusahaan.

Pada bulan Agustus, Epic melewati toko Apple dan Google untuk membiarkan pemain Fortnite membeli mata uang virtual dengan harga yang lebih rendah, langsung dari itu. Langkah ini memicu pelarangan larangan langsung dari Google maupun Apple.

Perselisihan tersebut telah menarik perhatian baik regulator maupun politisi.

Dewan Perwakilan Negara Bagian Arizona mengeluarkan undang-undang minggu ini yang melarang Apple dan Google, dan toko aplikasi lain yang melebihi satu juta unduhan, menuntut pengembang yang berbasis di negara bagian itu untuk secara eksklusif menggunakan toko aplikasinya.

Undang-undang tersebut juga mencakup pengguna yang tinggal di negara bagian tersebut. Namun belum jelas bagaimana pengaruhnya terhadap perusahaan yang berkantor pusat di negara bagian lain tetapi melakukan penjualan di Arizona.  Sekarang akan diserahkan ke Senat negara bagian untuk disetujui.

Di Eropa, Apple menghadapi dua penyelidikan apakah telah melanggar aturan persaingan, salah satunya terkait dengan kebijakan toko aplikasinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement