Senin 15 Feb 2021 04:00 WIB

Morgan Stanley Pertimbangkan Menambah Investasi Bitcoin

Pekan lalu Tesla juga menggunakan investasi Bitcoin senilai 1,5 miliar dolar AS.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Bitcoin
Foto: CFR
Bitcoin

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Perusahaan investasi Morgan Stanley mempertimbangkan untuk menambah Bitcoin ke daftar investasi senilai 150 miliar dolar AS.  Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Ahad (14/2) Counterpoint Global, unit Manajemen Investasi Morgan Stanley  meraih kemenangan dalam peringkat reksa dana.

Saat ini perusahaan sedang menjajaki aset cryptocurrency akan menjadi pilihan yang cocok bagi investor. Hal ini menjadi pertimbangan untuk melangkah ke depan dengan investasi yang membutuhkan persetujuan dari firma dan regulator.

Baca Juga

Morgan Stanley akan menempatkan nama besar Wall Street yang berusia hampir seabad di belakang kelas aset yang mudah berubah yang masih berjuang untuk mendapatkan penerimaan industri keuangan tradisional. Namun lonjakan empat kali lipat dalam empat bulan telah memicu minat pelanggan, membuat aset digital semakin sulit untuk diabaikan.

Setelah menarik perhatian mogul hedge fund termasuk Alan Howard dan Paul Tudor Jones, aset cryptocurrency membuat kemajuan lebih banyak perusahaan andalan seperti Mastercard Inc. dan Bank of New York Mellon Corp. Pada pekan lalu Tesla Inc, pembuat listrik terkemuka mobil, juga menggunakan investasi Bitcoin senilai 1,5 miliar dolar AS dan berencana memulai menerima cryptocurrency sebagai pembayaran.

Seorang juru bicara Morgan Stanley menolak berkomentar. Tinjauan tersebut pada akhirnya dapat mengakibatkan Morgan Stanley memilih untuk menjauh dari Bitcoin. Reli sebelumnya dalam mata uang kripto juga telah menarik minat Wall Street yang tidak jelas.

Sebagian besar skeptisisme industri berpusat pada perubahan harga Bitcoin yang tidak dapat diprediksi dan kurangnya barang yang dapat dibeli lebih dari satu dekade sejak penciptaannya. Tapi pengikut setia merasa dibenarkan tahun ini. Miliaran dolar telah mengalir ke aset cryptocurrency melalui berbagai kendaraan termasuk Grayscale Bitcoin Trust.

Bahkan investor institusional, yang dilarang oleh aturan dana mereka untuk memegang Bitcoin secara langsung, telah beralih ke kepercayaan semacam itu. Bagi perusahaan Wall Street, ketidakmampuan untuk menawarkan Bitcoin kepada nasabah meningkatkan risiko kehilangan sebab dapat memicu diskusi baru industri tentang keterbukaan terhadap aset.

Counterpoint Global Dennis Lynch menyatakan pendekatan tersebut cocok dengan Bitcoin. Grup ini mengawasi sekitar 19 reksa dana, lima di antaranya menghasilkan keuntungan lebih dari 100 persen pada tahun lalu. Reksa dana secara konsisten menempati peringkat teratas dalam beberapa tahun terakhir. 

Pengembalian yang luar biasa tinggi tahun lalu dibantu oleh taruhan pada perusahaan yang diuntungkan dari pandemi, seperti e-commerce dan hiburan streaming. Investasi terkemuka termasuk Amazon.com Inc., Shopify Inc., Slack Technologies Inc., Zoom Video Communications Inc. dan Moderna Inc.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement