Jumat 05 Feb 2021 07:43 WIB

Hargya Minyak Terangkat Data Ekonomi AS yang Positif

Arab Saudi menjanjikan pengurangan produksi sukarela sebesar 1 juta barel per hari.

Harga minyak dunia (ilustrasi).
Foto: REUTERS/Max Rossi
Harga minyak dunia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Harga minyak mentah kembali menguat pada akhir perdagangan Kamis (4/2) atau Jumat (5/2) pagi WIB. Kenaikan harga minyak terjadi di tengah data ekonomi AS yang kuat, penurunan persediaan dan keputusan OPEC+ untuk tetap pada pemotongan produksinya, namun greenback yang lebih kuat membatasi kenaikan.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April ditutup pada 58,84 dolar AS per barel, menguat 38 sen, setelah sebelumnya mencapai level tertingginya sejak 21 Februari pada 59,04 dolar AS.

Baca Juga

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Maret naik 54 sen menjadi 56,23 dolar AS per barel, setelah mencapai level penyelesaian tertinggi dalam satu tahun pada Rabu (3/2) di 55,69 dolar AS.

Data pabrik AS yang kuat dan membaiknya angka pengangguran membantu meningkatkan harga minyak, kata John Kilduff, mitra di Again Capital di New York.

"Itu membantu, dan mengingat situasi yang lebih luas dengan OPEC+, saya berharap pasar ini akan semakin ketat," kata Kilduff.

Departemen Perdagangan AS mengatakan pesanan pabrik Desember meningkat 1,1 persen setelah melonjak 1,3 persen pada November, mengalahkan ekspektasi para ekonom.

Sementara data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan penurunan warga Amerika yang mengajukan aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran di minggu terakhir. Investor juga mengharapkan data positif dari laporan ketenagakerjaan bulanan komprehensif pemerintah yang akan dirilis pada Jumat waktu setempat.

Pasar semakin didukung oleh berita bahwa Demokrat di Kongres AS mengambil langkah pertama untuk memajukan rencana bantuan virus corona senilai 1,9 triliun dolar AS yang diusulkan oleh Presiden Joe Biden.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement