Rabu 03 Feb 2021 02:08 WIB

Para Investor Ingin Pecahkan Misteri Lonjakan Harga Perak

Harga komoditas perak melonjak ke level tertinggi delapan tahun terakhir.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Kerajinan perak. Ilustrasi
Foto: Antara
Kerajinan perak. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Harga perak melonjak ke level tertinggi dalam delapan tahun terakhir. Bahkan para investor mencoba memecahkan misteri yang memicu harga logam tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Selasa (2/2) beberapa pengguna pada forum Reddit Wallstreetbets melihat ada dorongan para investor mengumpulkan iShares Silver Trust, disingkat SLV. Pengguna tersebut telah membuat akun sembilan bulan lalu dan hanya menulis di forum WallStreetBets, bahkan dua kali - setelah investor di dewan mengirim saham GameStop Corp. melonjak. 

Baca Juga

Beberapa pengguna Reddit berspekulasi, apakah pengguna di belakang mereka hanya mencoba mempermainkan pasar. Kemudian lain bertanya-tanya apakah poster itu mungkin bagian dari skema pump-and-dump - atau bekerja atas nama beberapa dana lindung nilai yang mungkin telah menyusup ke forum WallStreetBets yang sekarang terkenal. 

Banyak yang masih membela penulis yang mengatakan mereka bukan salah satu dari yang di atas. Spekulasi yang memicu lebih lanjut adalah laporan oleh CBS moderator forum online, yang bertanggung jawab untuk mengirimkan saham Gamestop Corp dan perusahaan lain yang melonjak, telah mendeteksi sejumlah besar aktivitas bot baru-baru ini. 

Mengutip juru bicara grup, CBS mengatakan moderator melakukan yang terbaik untuk menghapus posting yang dibuat komputer. 

Harga perak menembus 30 dolar AS per ons sebelumnya pada Senin (1/2) karena kegilaan investor ritel menyapu pasar lain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement