Jumat 22 Jan 2021 13:15 WIB

Kemenhub Siapkan Strategi Pengembangan Kereta Api Nasional

langkah pengembangan kereta api melalui penambahan jaringan pelayanan kereta api

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah penumpang menaiki kereta api di Stasiun Bandung, Kota Bandung. - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan strategi untuk mengembangkan perkeretaapian nasional.
Foto:

Budi menilai, perkembangan perkeretaapian di dunia sangat pesat dan berpengaruh terhadap perkembangan teknologi perkeretaapian di Indonesia. Budi menuturkan, banyaknya transfer teknologi perkeretaapian dari luar negeri untuk perkeretaapian Indonesia sudah cukup banyak.

“Perkembangan tersebut tentunya harus didukung oleh SDM yang handal dan memiliki kompetensi nasional dan internasional,” ujar Budi.

Budi menegaskan, kerja sama antarpenyedia jasa dalam dalam memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang kompetitif menjadi faktor kunci. Budi menuturkan, pemerintah akan menyiapkan ekosistem yang kondusif bagi para inovator termasuk insentif dan dukungan yang memadai untuk mempercepat inovasi dalam bidang transportasi umumnya dan perkeretaapian khususnya.

 

Smentara itu, Kepala Badan Litbang Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti mengatakan peningkatan daya saing produk nasional juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang profesional. “Harus tanggap dengan perkembangan teknologi dan kondisi sosial masyarakat,” tutur Umiyatun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement