Selasa 19 Jan 2021 13:23 WIB

LPEI: Ekspor Beberapa Komoditas Indonesia Pulih Lebih Cepat

LPEI berkontribusi terhadap peningkatan nilai ekspor barang sebesar 13,3 persen.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank
Foto:

Sebagai catatan, berdasarkan pengukuran development impact yang dilakukan LPEI bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor, secara agregat ekonomi atas fasilitas pembiayaan LPEI, debitur LPEI dan rantai pasoknya berkontribusi terhadap nilai ekspor barang 2020 sebesar 13,3 persen.

Selain aspek finansial, LPEI juga telah mengukur dampak ekonomi dan sosial atas pembiayaan tersebut, di antaranya adalah peningkatan ProdukDomestikBruto (PDB) 2,45 kali dari pembiayaan yang diberikan serta penyerapan tenaga kerja atas aktivitas debitur LPEI termasuk rantai pasok debitur LPEI dari hulu hingga ke hilir secara total sebesar 49 orang per Rp 1 miliar.

Agus Windiarto menambahkan, LPEI juga terus melakukan peningkatan kualitas pembiayaan dan penguatan proses bisnis antara lain melalui penguatan tata kelola & manajemen risiko. "Tahun 2020 merupakan titik balik perbaikan kinerja keuangan dan diharapkan berlanjut di tahun 2021," ujar Agus.

LPEI optimistis akan terus tumbuh secara berkelanjutan dengan prioritas pada tahun ini meliputi menjalankan mandat, perbaikan kualitas asset, pengembangan bisnis, serta penguatan proses internal.

Dengan berbagai penguatan, perbaikan, juga arah fokus bisnis yang lebih baik, diharapkan akan melanjutkan pencapaian 2020 dan menjadi tahap final dari penguatan fondasi Regain Our Footing di 2021 hingga terus tumbuh menjadi Light house export agency atau export agency dengan kinerja terbaik di ASEAN pada 2025.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement