Ahad 17 Jan 2021 14:33 WIB

Pemerintah Tetapkan Fomula Harga Elpiji Subsidi

Penetapan patokan harga subsidi ini tak mempengaruhi HET elpiji kepada konsumen

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Pekerja merapikan gas elpiji tiga kilogram di kawasan Pasar Rebo, Jakarta, (ilustrasi).
Foto:

Penetapan patokan harga LPG 3 Kg ini sendiri mempertimbangkan Surat Menteri Keuangan Nomor S-1049/MK.02/2020 tanggal 12 November 2020 hal Pertimbangan atas Usulan Formula Harga Patokan LPG Tabung 3 Kg. Selain itu, keputusan ini merupakan bagian dari implementasi Pasal 7 Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram dan Pasal 7 Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga Liquefied Petroleum Gas untuk Kapal Penangkap Ikan bagi Nelayan Sasaran dan Mesin Pompa Air bagi Petani Sasaran.

Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku surut sejak tanggal 1 Januari 2020. Aturan ini ditetapkan 22 Desember 2020.

Sebagai informasi, penetapan patokan harga elpiji tiga kg ini tidak mempengaruhi Harga Eceran Tertinggi (HET) atau harga jual elpiji 3 kg kepada konsumen. Beleid ini terkait pembayaran pemerintah ke badan usaha (Pertamina), apalagi Pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan akses energi dengan harga terjangkau melalui program konverter kita ke nelayan dan petani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement