Jumat 01 Jan 2021 08:25 WIB

Kemenkop Kembangkan Koperasi Berbasis Kawasan dan Komoditas

Pengembangan koperasi dapat dimulai dari pengelompokkan berdasarkan jenisnya.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Logo Koperasi
Foto:

Bagi Rulli, untuk merespon masa pandemi, koperasi dapat menerapkan beberapa langkah strategis. Di antaranya, meningkatkan komitmen anggota terhadap koperasinya, sehingga identitas anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi dapat mempertahakan kontinuitas usaha koperasi.

Selain itu, lanjut Rulli, perlunya meningkatkan komunikasi antara pengurus, pengawas dan pengelola koperasi kepada anggotanya, "Dengan menjaga kualitas komunikasi yang merupakan ujung tombak layanan kepada anggota, koperasi dapat bertahan di masa pandemi," tegas dia.

Di samping itu, Rulli mendorong pengurus dan pengelola juga dapat mengembangkan usaha online bagi anggotanya, untuk menangkap bertumbuhnya bisnis digital saat ini. "Kami telah menyiapkan berbagai bentuk pelatihan kompetensi dan pendampingan kepada koperasi yang membutuhkan pengembangan usahanya," ujarnya.

Koperasi juga dapat melakukan kerja sama antar koperasi. Maka koperasi yang lebih besar dapat mendukung koperasi yang skala usahanya lebih kecil melalui kemitraan dan jaringan usaha.

"Pengelolaan keuangan koperasi menjadi hal yang dapat dilakukan koperasi supaya mempertahakan likuiditas. Tujuannya melihat kembali efektivitas biaya operasional yang telah dijalankan selama ini," jelas dia.

Di samping itu, kata Rulli, pengembangan koperasi digital menjadi prioritas yang dapat dilakukan sebagai bagian dari transformasi koperasi dalam ekosistem digital. Demi menyiapkan koperasi pada 2021, positioning koperasi akan didukung melalui program Digitalisasi Perkoperasian dan UMKM yang dituangkan dalam kegiatan Pengembangan dan Pembaruan Perkoperasian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement