Ahad 22 Nov 2020 20:58 WIB

PT AP II Modernisasi Sub Tower AMC Terminal 3 Bandara Soeta

Lalu lintas di apron lebih lancar dan aman, membantu pergerakan pesawat lebih cepat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Sabtu, (21/11), meninjau operasional Sub Tower Apron Movement Control (AMC) yang ada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Sub Tower AMC merupakan pusat pemantauan dan pengendalian pergerakan/lalu lintas di apron Terminal 3.
Foto: istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Sabtu, (21/11), meninjau operasional Sub Tower Apron Movement Control (AMC) yang ada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Sub Tower AMC merupakan pusat pemantauan dan pengendalian pergerakan/lalu lintas di apron Terminal 3.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Sabtu (21/11), meninjau operasional Sub Tower Apron Movement Control (AMC) yang ada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Sub Tower AMC merupakan pusat pemantauan dan pengendalian pergerakan/lalu lintas di apron Terminal 3.

Apron sendiri dapat diartikan sebagai area sisi udara yang bersebelahan dengan terminal penumpang di mana pesawat dapat diparkir untuk menaikkan/menurunkan penumpang, memuat/menurunkan kargo, mengisi bahan bakar, dan sebagainya. 

Sub Tower AMC di Terminal 3 adalah satu-satunya di Indonesia, dioperasikan sejak 2016 sejalan dengan lalu lintas penerbangan yang cukup tinggi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan untuk mendukung Tower Bandara Soekarno-Hatta yang dioperasikan oleh AirNav Indonesia. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan agar personel di Sub Tower AMC  tetap siaga dan fokus dalam melakukan manajemen lalu lintas di apron agar  keseluruhan operasional Bandara Soekarno-Hatta dapat selalu berjalan aman dan lancar. 

PT Angkasa Pura II juga selalu meningkatkan kapabilitas sistem operasi dari Sub Tower AMC Terminal 3, di mana pada tahun ini telah dilakukan digitalisasi terhadap Flight Progress Strip (FPS) sejalan dengan pengembangan aspek Infrastructure & Operation System di dalam Transformation 2.0 yang dijalankan perseroan pada 2020 – 2024. 

FPS merupakan data rencana penerbangan yang digunakan personel Sub Tower AMC sebagai dasar memandu pesawat di movement area. “Sebelumnya, data-data FPS ditulis di atas kertas alias manual. Dan, pada tahun ini telah dilakukan digitalisasi sehingga data-data FPS tersebut dapat ditampilkan lebih cepat di suatu platform operasi sehingga sangat membantu personel di Tower AMC untuk dapat memandu pesawat serta memberikan instruksi dengan cepat dan tepat,” jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin mengatakan, “Implementasi digitalisasi FPS merupakan salah satu wujud perseroan dalam menerapkan konsep Leading Digital, yakni upaya memperkuat PT Angkasa Pura II melalui digitalisasi seluruh aspek baik itu pelayanan, operasional dan bisnis. Melalui digitalisasi, kami membawa industri pengelolaan bandara di dalam negeri ke level selanjutnya.”

Muhammad Awaluddin menambahkan modernisasi Tower AMC T3 jelas dapat meningkatkan safety, security, services through compliance (3S+1C) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan, "Melalui digitalisasi FPS maka diharapkan dapat berdampak pada meningkatnya tingkat ketepatan waktu [on time performance/OTP] penerbangan dari maskapai," katanya. 

Adapun penerapan konsep Leading Digital sangat mendukung terjaganya pelayanan dan operasional bandara-bandara PT Angkasa Pura II termasuk di tengah pandemi Covid-19 ini. 

Implementasi Leading Digital ini adalah pengembangan 3 platform digital yang dikenal dengan DROID Platform : INAirports, iPerform dan Smart ACDM.

INAirports yang merupakan platform ekosistem layanan dan informasi bandara bagi pelanggan/traveler melalui iOS dan Android. 

Sementara itu, iPerform merupakan platform untuk memonitor operasional bandara secara realtime dan informasi lainnya guna memudahkan pekerjaan karyawan di seluruh unit.

AP II juga merintis Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Soekarno-Hatta sebagai platform untuk mengintegrasikan ekosistem eksternal guna menerapkan Airport Collaborative Decision Making (A-CDM). Platform ini dikenal dengan nama Smart A-CDM.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement