Kamis 21 Dec 2023 07:19 WIB

Masuk Musim Libur Nataru, AP II Catat Peningkatan Penumpang 5 Persen

Periode angkutan Nataru di 20 bandara AP II sudah dimulai sejak 18 Desember 2023.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Calon penumpang pesawat antre untuk check in di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).
Foto: Republika/Prayogi
Calon penumpang pesawat antre untuk check in di Terminal 3 Bandara Sekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peningkatan penumpang mulai terlihat di bandara-bandara, yang dikelola PT Angkasa Pura (AP) II menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. Periode angkutan Nataru di 20 bandara AP II sudah dimulai sejak 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

Pada 18 Desember, jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II secara kumulatif tercatat sebanyak 235.341 orang dan pada 19 Desember tercatat 228.123 orang. “Total pada dua hari pelaksanaan angkutan Nataru, pergerakan penumpang mencapai 463.464 orang atau meningkat sekitar 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” kata Plt Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, Wendo menuturkan, jumlah pergerakan penumpang pada 18-19 Desember mencapai 154.804 orang. Wendo mengatakan jumlah penerbangan di 20 bandara AP II pada dua hari pelaksanaan angkutan Nataru juga terbilang cukup tinggi yakni mencapai 2.486 penerbangan. 

“AP II dan maskapai mampu mengakomodir tingginya permintaaan penerbangan pada periode Nataru ini dan kami bisa mengelola dengan baik permintaan tersebut. Jumlah penumpang serta penerbangan cukup tinggi di bandara-bandara AP II, dan AP II bersama seluruh stakeholder dapat memastikan operasional dan layanan berjalan dengan lancar,” ungkap Wendo.

Selama dua hari pelaksanaan angkutan Nataru, AP II bersama maskapai, groundhandling dan stakeholder lainnya mampu menjaga pelayanan kepada penumpang. Wendo memastikan, penerbangan juga berjalan lancar, di mana tingkat ketepatan waktu penerbangan pesawat ada pada 80 persen. 

Wendo menambahkan, untuk menjaga pelayanan dan operasional di periode peak season saat ini seluruh bandara AP II membuka Posko Terpadu. Posko Terpadu sebagai wadah koordinasi bagi seluruh stakeholder bandara antara lain AP II selaku operator bandara, Otoritas Bandara, maskapai, TNI, Polri, Pemda, Karantina, Bea dan Cukai serta Imigrasi. 

Stakeholder di posko akan mengolah data dan laporan secara real time untuk menjadi dasar dalam mengambil kebijakan secara cepat guna memastikan kelancaran pelayanan. Begitu juga dengan operasional penerbangan dengan menjaga tingkat ketepatan waktu dan aspek lainnya. 

Wendo menegaskan, personel AP II juga memastikan agar titik-titik yang dilalui penumpang pesawat saat di bandara dapat memberikan pelayanan terbaik. “Personel disiapkan untuk memastikan pelayanan dan kelancaran mulai dari titik drop off, check in area, security check point, boarding lounge, hingga fasilitas-fasilitas umum. Kami berupaya agar penumpang mendapat kesan yang baik di bandara saat mereka melakukan perjalanan untuk berlibur,” tutur Wendo. 

Sementara itu, Direktur Komersial dan Pelayanan AP II M. Rizal Pahlevi mengatakan di tengah tingginya lalu jumlah penumpang, bandara-bandara AP II menghadirkan berbagai kegiatan untuk menghibur penumpang pesawat. AP II mengharapkan penumpang pesawat sudah merasakan suasana liburan sejak di bandara, ketika mereka ingin berangkat ke destinasi wisata yang dituju. 

“Karena itu, berbagai event digelar di bandara-bandara AP II. Tidak hanya itu, tenant komersial juga memberikan harga dan paket khusus selama periode Nataru,” ungkap Rizal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement