Selasa 03 Nov 2020 17:51 WIB

Pandemi Covid-19 Peluang Naikkan Citra Buah Lokal

Persepsi masyarakat tentang pengetahuan buah lokal sejauh ini masih kurang baik.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi
Pedagang melakukan bongkar muat buah nanas di Palu, Sulawesi Tengah (ilustrasi). Pandemi Covid-19 dinilai jadi peuang baik untuk menaikkan citra buah-buahan lokal.
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Pedagang melakukan bongkar muat buah nanas di Palu, Sulawesi Tengah (ilustrasi). Pandemi Covid-19 dinilai jadi peuang baik untuk menaikkan citra buah-buahan lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 dinilai jadi peuang baik untuk menaikkan citra buah-buahan lokal. Branding buah lokal sangat penting dilakukan untuk menunjang kejelasan fungsi bagi kesehatan.

Pengamat pangan Universitas Brawijaya Malang, Sujarwo, mengatakan, langkah pemerintah sudah cukup tepat dalam mengembangkan potensi buah dan sayur lokal.

Baca Juga

Namun, pemerintah harus membuka informasi dan promosi buah segar secara luas. Langkah ini penting dilakukan agar masyarakat memiliki geliat tanam serta pengetahuan lebih pada subsektor sayur dan buah segar.

Apalagi, persepsi masyarakat tentang pengetahuan buah lokal sejauh ini masih kurang baik. Karena itu, branding buah lokal sangat penting dilakukan untuk menunjang kejelasan fungsi bagi kesehatan, sehingga mengarah pada functional food. Tentunya dengan pemosisian yang baik dan terkoneksi dengan aspek kesehatan.

"Pandemi Covid-19 ini sebenarya momentum untuk Kementerian Pertanian (Kementan) agar terus menyuarakan buah-buahan lokal dan membuat branding buah lokal lebih bergengsi," kata Sujarwo dalam keterangan resmi Kementerian Pertanian, Senin (2/11).

Sujarwo menilai, riset-riset tentang kemanfaatan buah lokal dan juga promosi atas kegunaannya makin tergerus oleh promosi dan budaya pembenar sehingga masyarakat masih berpikiran bahwa buah impor lebih bagus dari buah lokal.

"Kita tidak akan dapat meningkatkan citra produk lokal, seperti buah, selama kita tidak menghargai produk lokal kita sendiri dengan baik," imbuhnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement