Kamis 01 Oct 2020 02:01 WIB

Anak Usaha J Resources Raih Penghargaan Sektor Pertambangan

J Resources foku mengembangkan aset.

Anak usaha PT J Resources Asia Pasifik, Tbk, PT J Resources Bolaang Mongondow, meraih penghargaan trophy dari Ditjen Minerba Kementerian ESDM.
Foto: Dok J Resources
Anak usaha PT J Resources Asia Pasifik, Tbk, PT J Resources Bolaang Mongondow, meraih penghargaan trophy dari Ditjen Minerba Kementerian ESDM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komitmen tinggi PT J Resources Asia Pasifik, Tbk (PSAB) dalam menerapkan kaidah pertambangan yang baik dan benar (Good Mining Practices) berbuah manis. Anak usahanya PT J Resources Bolaang Mongondow hari ini mendapatkan Thropy (Terbaik) dalam Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik untuk Kelompok komoditas mineral.

Penghargaan tertinggi di sektor mineral ini diberikan langsung oleh Bapak Dirjen Minerba Ridwan Djamaluddin dan disaksikan secara Virtual oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif di Jakarta, Selasa (29/9) malam.

Baca Juga

Presdir PSAB Edi Permadi yang menerima Thropy mengaku bangga dengan capaian ini. “Ini buah dari kerja sama semua tim. Kami selalu menempatkan aspek keselamatan dan tata kelola lingkungan yang baik sebagai prioritas. Buah dari komitmen ini, kami mendapat apresiasi ini. Ini akan memacu kami untuk lebih baik lagi ke depan,” tuturnya dalam keterangan pers tertulis, Rabu (30/9).

Edi juga mengakui tidak mudah beroperasi di masa pandemi Covid-19. Situasi ini memberi tantangan tersendiri, sehingga bukan hal mudah menjaga sustainability produksi. “Namun demikian kami berusaha untuk tetap menjaga produksi agar sesuai dengan rencana penambangan di area main ridge dan Campsite di area Bakan,” ujarnya.

Di hari yang sama dua anak usaha PSAB juga berhasil meraih penghargaan dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dalam ajang IAGI Exploration Awards 2020. PT Arafura Surya Alam (ASA) untuk kategori sebagai Best Technical Discovery. Kemudian PT J Resources Bolaang Mongondow (JRBM) untuk kategori Best People Development.

Fokus kembangkan aset

Selain itu bersama Pemerintah Pusat, Pemda dan penegak hukum yang sangat mendukung perusahaan juga mulai melakukan proses awal penambangan di area Jalina dan Tapagale yang juga berada di Kontrak Karya PT J Resources Bolaang Mangondow.

Dalam hal konservasi mineral, anak perusahaan PSAB yang ada di Penjom, Malaysia telah berhasil melakukan implementasi flotation process yang lebih baik. Dengan teknologi ini perusahaan dapat me- recover mineral yang ada di tailing facility.

“Teknologi ini yang kita siapkan juga untuk menjawab tantangan pemanfaatan limbah untuk dapat di ekstrak mineral kadar rendahnya dan mengolah sisanya menjadi dry tail yang akan lebih comply ke lingkungan,” ujarnya.

Selain di site Bakan Provinsi Sulawesi Utara, PSAB juga mengolah tambang emas di Seruyung, Kalimantan Utara yang dikelola oleh PT Sago Prima Pratama dan kemudian tambang emas di Penjom- Malaysia.

“Kami juga sementara melakukan proses persiapan konstruksi PT ASA untuk tambahan produksi di Kuartal IV- 2021 dengan produksi equivalen dengan Bakan. Selain itu kita juga sementara melakukan green field project di Bolangitang dan Bulangidun. Lalu tambang Pani juga dalam tahapan pembicaraan detail dengan PT Merdeka Copper Gold,Tbk dan Pemerintah,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement