Senin 28 Sep 2020 06:36 WIB

3.500 Perusahaan AS Gugat Pemerintah Trump

Ratusan perusahaan ini mengajukan gugatan terkait pengenaan tarif impor barang China.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Aktivitas ekspor-impor di Pelabuhan Virginia, Amerika Serikat (ilustrasi). Sekitar 3.500 perusahaan AS telah menggugat pemerintah Trump dalam dua minggu terakhir. Gugatan itu terkait pengenaan tarif pada lebih dari 300 miliar dolar AS untuk impor barang-barang buatan China.
Foto: AP Photo/Steve Helber
Aktivitas ekspor-impor di Pelabuhan Virginia, Amerika Serikat (ilustrasi). Sekitar 3.500 perusahaan AS telah menggugat pemerintah Trump dalam dua minggu terakhir. Gugatan itu terkait pengenaan tarif pada lebih dari 300 miliar dolar AS untuk impor barang-barang buatan China.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINTON -- Sekitar 3.500 perusahaan AS, termasuk Tesla, Ford, Target Corp, Walgreen Co, dan Home Depot telah menggugat pemerintah Trump dalam dua minggu terakhir. Gugatan itu terkait pengenaan tarif pada lebih dari 300 miliar dolar AS untuk impor barang-barang buatan China.

Seperti dilansir Reuters, Senin (28/9), gugatan yang diajukan ke Pengadilan Perdagangan Internasional AS, dengan nama Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan, menantang apa yang mereka sebut eskalasi tidak sah dari perang dagang AS dengan China melalui pemberlakuan putaran ketiga dan keempat tarif.

Baca Juga

Tantangan hukum dari berbagai perusahaan berpendapat bahwa pemerintahan Trump gagal memberlakukan tarif dalam periode 12 bulan yang disyaratkan dan tidak mematuhi prosedur administratif.

Perusahaan-perusahaan itu menantang, "perang perdagangan tak terbatas dan tak terbatas dari pemerintah yang berdampak pada miliaran dolar barang yang diimpor dari Republik Rakyat China oleh importir di Amerika Serikat," menurut gugatan yang diajukan oleh produsen suku cadang mobil Dana Corp, dikutip dari Reuters.

Gugatan tersebut menantang tarif dalam dua kelompok terpisah yang dikenal sebagai Daftar 3 dan Daftar 4A.  Daftar 3 mencakup 25 persen tarif untuk sekitar 200 miliar dolar AS dalam impor, sedangkan Daftar 4A termasuk 7,5 persen tarif untuk barang-barang senilai 120 miliar dolar AS.

Satu gugatan berpendapat bahwa pemerintah tidak dapat menaikkan tarif impor dari China lainnya karena alasan yang tidak terkait dengan kebijakan dan praktik kekayaan intelektual yang tidak adil yang awalnya diinvestigasi.

Perusahaan yang mengajukan gugatan termasuk produsen truk berat Volvo Group Amerika Utara, pengecer suku cadang mobil AS Pep Boys, perusahaan pakaian Ralph Lauren, Sysco Corp, produsen gitar Gibson Brands, Lenovo, Dole Packaged Foods, dan produsen peralatan golf Callaway Golf Co.

Gugatan Home Depot mencatat bahwa mereka menghadapi tarif pada lantai bambu, bor tanpa kabel, dan banyak produk buatan China lainnya. Walgreen, unit dari Walgreen Boots Alliance, mengatakan pihaknya membayar tarif yang lebih tinggi untuk produk seperti barang musiman untuk keperluan pesta, pertolongan pertama, perlengkapan kantor, dan kebutuhan rumah tangga. "

Sementara, kantor Lighthizer tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pada 15 September, Organisasi Perdagangan Dunia menemukan Amerika Serikat melanggar aturan perdagangan global dengan memberlakukan tarif miliaran dolar dalam perang perdagangan Trump dengan China.

Pemerintahan Trump mengatakan tarif barang-barang China dibenarkan karena China mencuri kekayaan intelektual dan memaksa perusahaan AS untuk mentransfer teknologi untuk akses ke pasar China.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement