Sabtu 18 Jul 2020 09:56 WIB

Rokhmin: Ini Jurus Pemberdayaan Perempuan di Sektor Kelautan

Salah satunya adalah peningkatan kapasitas usaha (bisnis).

Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri
Foto: Dok IPB
Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Kongres Wanita Indonesia  (Kowani)  menggelar webinar bertajuk Pemberdayaan Perempuan Sektor Kelautan dan Perikanan pada Masa Pandemik, Jumat (17/7).  Webinar yang diikuti perwakilan pengurus  cabang Kowani dari seluruh Indonesia  itu menghadirkan nara sumber Guru Besar Fakultas Perikanan  dan Ilmu Kelautan   IPB University, Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Rokhmin memaparkan enam jurus pemberdayaan perempuan di sektor kelautan dan perikanan untuk kesejahteraan keluarga.  “Pertama, perbaikan gizi dan kesehatan.

Kedua, peningkatan kapasitas literasi.  Ketiga, peningkatan kapasitas manajemen keuangan keluargaan rumah tangga,” kata Rokhmin Dahuri dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, iman dan taqwa (Imtaq) dan akhlak juga merupakan hal yang sangat penting. “Karena itu,  faktor keempat adalah  perbaikan Imtaq dan akhlak. Adapun  faktor kelima adalah  peningkatan kesadaran dan kapasitas manajemen  lingkungan hidup,” kata ketua umum Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) itu

Jurus keenam, ujar Prof Rokhmin adalah  peningkatan kapasitas usaha (bisnis) di sektor kelautan dan perikanan dengan menerapkan empat hal. “Yaitu, skala ekonomi;   manajemen rantai pasok terparu (pra produksi-produksi-processing-marketing); teknologi mutakhir tepart guna pada setiap rantai pasok; dan prinsip-prinsip pembangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan,” papar Rokhmin yang saat ini ditunjuk sebagai coordinator Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement