Sabtu 13 Jun 2020 11:57 WIB

Volkswagen dan Audy Tunda Operasi Pabrik di Meksiko

Kondisi di Meksiko masih belum kondusif untuk membuka kembali aktivitas industri.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Pekerja menyelesaikan rakitan mobil di pabrik Volkswagen. ilustrasi
Foto: AP Photo/Michael Sohn
Pekerja menyelesaikan rakitan mobil di pabrik Volkswagen. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO CITY -- Produsen mobil Volkswagen dan Audy menunda operasinya di Meksiko. Kota Puebla di Meksiko menyatakan belum siap membuka kembali aktivitas di sektor otomotif.

Puebla merupakan tempat produsen mobil Volkswagen dan mobil mewah Audy mendirikan sejumlah pabrik. Pemerintah setempat masih khawatir terhadap penyebaran Covid-19 di kota tersebut.

Baca Juga

Dilansir Reuters, Jumat (12/6), Gubernur Puebla, Miguel Barbosa, mengatakan kondisi saat ini masih belum kondusif untuk membuka kembali aktivitas konstruksi dan otomotif.

Sebelumnya, Volkswagen menyatakab siap melanjutkan operasinya di Puebla dan Guanajuato pada 15 Juni mendatang. Namun, Barbosa menegaskan tidak akan membuka kembali aktivitas ekonomi selama masih membahayakan jiwa masyarakat.

Selama pandemi berlangsung, Meksiko telah melaporkan sebanyak 133.974 kasus dan 15.944 kematian akibat Covid-19. Pemerintah Meksiko memperkirakan jumlah infeksi serta kematian masih akan meningkat signifikan.

Sebagian besar pabrik mobil di Meksiko telah mulai beroperasi kembali sejak awal Juni. Industri otomotif di Meksiko berkontribusi 3,8 persen terhadap PDB negara tersebut. Selain itu, industri ini juga berkontribusk sebesar 20,5 persen terhadap PDB sektor manufaktur dengan jumlah tenaga kerja mencapai jutaan penduduk Meksiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement