Selasa 12 May 2020 14:48 WIB

SCG Donasikan Bilik SWAB Tes Covid-19

Bilik SWAB ini dibuat khusus agar sesuai kebutuhan rumah sakit dan tenaga medis.

Rep: Retno Wulandhari / Red: Fuji Pratiwi
Siam Cement Group (SCG). SCG donasikan dua unit screening chamber atau Bilik SWAB Tes Covid-19 untuk RSAU dr. Esnawan Antariksa dan RS St. Carolus, Jakarta.
Siam Cement Group (SCG). SCG donasikan dua unit screening chamber atau Bilik SWAB Tes Covid-19 untuk RSAU dr. Esnawan Antariksa dan RS St. Carolus, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SCG donasikan dua unit screening chamber atau Bilik SWAB Tes Covid-19 untuk RSAU dr. Esnawan Antariksa dan RS St. Carolus, Jakarta. Solusi ini diberikan guna meminimalisir kontak langsung antara tenaga medis dan pasien, sehingga dapat menghindari penularan Covid-19 dari pasien kepada para tenaga medis.

Bilik SWAB ini dibuat khusus dengan berkolaborasi bersama para dokter untuk memastikan keamanan, kebersihan, kenyaman, serta kesesuaian dengan kebutuhan rumah sakit dan tenaga medis. "Kami sangat mengapreasiasi niat baik dan solusi inovatif dari SCG yang akan sangat bermanfaat bagi kami untuk mengatasi pandemi ini bersama-sama," ujar Direktur RS St. Carolus, Endrotomo Sumargono melalui siaran pers, Selasa (12/5).

Baca Juga

Country Director SCG, Wiroat Rattanachaisit, mengatakan, banyaknya tenaga medis yang terpapar Covid-19 mendorong SCG untuk mencari solusi inovatif untuk melindungi garda terdepan penganan Covid-19. "Berbeda dengan yang lain, bilik SWAB ini memiliki konsep desain prefabricated yang mudah untuk dimobilisasikan, dibersihkan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk proses produksinya," kata Wiroat.

Wiroat menjelaskan Bilik SWAB SCG ini dibuat dengan konsep, desain, material, dan metode pemasangan yang dipikirkan dengan baik guna memastikan jaminan kualitas unit demi menunjang kinerja dokter dan tenaga medis lainnya. Dengan desain prefabricated, unit menjadi mudah untuk dimobilisasikan, dibersihkan, dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses produksi yaitu dua hari kerja untuk satu buah unit. Selain itu, keamanan menjadi faktor utama yang sangat diperhatikan.

"Kami berterima kasih kepada SCG atas inovasi Bilik SWAB ini yang sangat kami harapkan dapat membantu kami meminimalisasi penularan virus dari pasien kepada tenaga medis sehingga bisa menekan jumlah angka positif dan kematian akibat Covid-19 di Indonesia," ujar Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa, Berlian Arja Mukti. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement