Rabu 08 Apr 2020 14:04 WIB

Tanpa Aramco, Pertamina: Proyek Kilang Cilacap Tetap Jalan

Pertamina menargetkan tahun ini pengerjaan awal Kilang Cilacap mencapai 69 persen

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Pekerja beraktivitas di kawasan Kilang PT. Pertamina RU (Refinery Unit) IV Cilacap, Jawa Tengah, Senin (15/7/2018).
Foto: Antara/Irfan Anshori
Pekerja beraktivitas di kawasan Kilang PT. Pertamina RU (Refinery Unit) IV Cilacap, Jawa Tengah, Senin (15/7/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) masih melakukan negosiasi dengan Aramco untuk pembahasan skema kontrak dan kerja sama pembangunan kilang. Meski belum ada kesepakatan dengan perusahaan migas saudi tersebut, namun Pertamina mentargetkan tahun ini tetap menyelesaikan step step pembangunan Kilang Cilacap.

VP Coorporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan perusahaan mentargetkan pada tahun ini akan menyelesaikan pekerjaan early work dan bisa mencapai 69 persen progressnya. Selain itu, perusahaan juga akan menyelesaikan pekerjaan Basic Engineering Design (BED) kilang.

Baca Juga

"Kita harapkan tahun ini progressnya untuk dua indikator tersebut. Walaupun kesepakatan dengan Aramco belum keluar, tapi proyek tetap dijalankan," ujar Fajriyah kepada Republika.co.id, Rabu (8/4).

Fajriyah pun menjelaskan ada beberapa opsi pembahasan dengan Aramco terkait pembangunan kilang tersebut. Setelah mentok pembahasan valuasi aset kilang existiing tak kunjung membuahkan hasil, ada skema pembayaran toll fee. Namun, Fajriyah belum bisa mendetailakn hal ini sebab masih dalam pembahasan.

"Sepertinya demikian, tapi kita liat nanti," ujar Fajriyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement