Selasa 11 Feb 2020 16:53 WIB

Gangguan Listrik pada SUTET 500 kV, PLN Upayakan Recovery

Akibat gangguan listrik terjadi pemadaman di Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja melakukan perawatan dan perbaikan kabel Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET). Akibat gangguan listrik terjadi pemadaman di Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga
Foto: Antara/Galih Pradipta
Pekerja melakukan perawatan dan perbaikan kabel Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET). Akibat gangguan listrik terjadi pemadaman di Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Saluran Utama Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kiloVolt (kV), antara Pedan dan Kesugihan, dilaporkan mengalami gangguan sistem, pada Selasa (11/2) sekitar pukul 11.30 WIB.

Gangguan sistem SUTET 500 kV tersebut, mengakibatkan padamnya aliran listrik PLN untuk sebagian pelanggan yang berada di wilayah Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di wilayah Jawa Tengah, meliputi Kabupaten Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Purworejo serta Kabupaten Temanggung.

“Sedangkan wilayah DIY dampak padamnya aliran listrik dirasakan sebagian pelanggan di Kabupaten Kulonprogo, tepatnya Kecamatan Wates,” tutur Plt Manager Sub Bidang Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Haris, di Semarang.

Ia menjelaskan, secara bertahap PLN melalui tim dan petugas di lapangan sedang melakukan penormalan gangguan, dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya. Saat ini tim tengah melakukan upaya pengecekan dan upaya perbaikan untuk mempercepat recovery (pemulihan) sistem kelistrikan yang mengalami gangguan tersebut.

“Proses penormalan masih terus dilakukan, kami akan segera memberitahukan setiap perkembangan terkait proses recovery tersebut dan PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Haris juga menyampaikan, terkait dengan gangguan sistem GITET ini, PLN juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan para pelanggan tersebut. “Khusunya kepada para pelanggan yang terdampak padamnya aliran listrik di wilayah yang terdampak gangguan,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement