Selasa 24 Dec 2019 04:08 WIB

Tugas Berat Menanti Bos Baru PLN

PLN harus memenuhi kebutuhan listrik siang-malam tanpa byar pet.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolanda
Dirut PLN Zulkifli Zaini usai RUPS di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12).
Foto: Republika/M NurSyamsi
Dirut PLN Zulkifli Zaini usai RUPS di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Riset Center of Reforms on Economics (CORE) mengatakan Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dan Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi mengemban tugas besar dalam menakhodai PLN ke depan. Piter menilai tugas PLN memang besar dan berat lantaran harus memberikan pelayanan kelistrikan kepada seluruh masyarakat.

"Kebutuhan listrik harus terpenuhi siang-malam tanpa byar pet, harus murah, sementara disisi lain PLN harus untung, salah sedikit dimaki-maki," ujar Piter saat dihubungi Republika.co.id di Jakarta, Senin (23/12).

Baca Juga

Piter menilai untuk membuat PLN bisa melakukan semua itu diperlukan investasi besar dengan teknologi yang tidak mudah. Artinya, ketika PLN belum mampu mendapatkan keuntingan yang cukup, PLN perlu setoran modal yang juga sangat besar. Sementara kemampuan pemerintah terbatas.

"Saya kira tugas berat PLN ini harus disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat," lanjut Piter.

Dengan demikian, kata Piter, ada keberimbangan antara harapan yang dibebankan kepada PLN dan apresiasi yang diberikan masyarakat ketika PLN berhasil memenuhi harapan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement