Jumat 20 Dec 2019 09:59 WIB

Beli Tiket Online, Penumpang Kapal Dapat Prioritas dari ASDP

ASDP memberi prioritas khusus bagi penumpang yang membeli tiket kapal secara online.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Reiny Dwinanda
Antrean kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatra. ASDP menyerukan masyarakat untuk membeli tiket secara online di masa liburan Natal dan Tahun Baru demi memangkas waktu antre.
Foto: Asep Fathulrahman/Antara
Antrean kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatra. ASDP menyerukan masyarakat untuk membeli tiket secara online di masa liburan Natal dan Tahun Baru demi memangkas waktu antre.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pembelian tiket kapal penyeberangan secara online. Dengan begitu, mereka akan termudahkan saat penumpang membeludak di sepanjang masa liburan Natal dan Tahun Baru.

"Ada jalur khusus diperuntukan untuk kendaraan roda empat yang membeli tiket secara daring," kata Direktur Teknik dan Operasional ASDP Indonesia Ferry La Mane di Jakarta, Kamis (20/12).

Baca Juga

Mane mengungkapkan, pembeli tiket secara daring bisa menjalani proses masuk ke kapal dengan lebih cepat. Berbekal QR Code, mereka hanya perlu melakukan proses scan saat tiba di pelabuhan dan bisa langsung masuk ke kapal.

"Di loket, kami siapkan zona tersendiri untuk yang beli tiket online. Saat naik ke kapal mereka juga kami prioritaskan," ujar Mane.

Untuk itu, Mane mengharapkan semua penumpang kapal penyebrangan ASDP dapat beralih ke pembelian tiket secara elektronik. Ke depannya, prosesnya akan sama seperti di jalan tol yang menggunakan sistem elektronik dan self service sehingga waktu antrean bisa lebih cepat.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini mengatakan, penumpang dapat mempersiapkan perjalanan kapal ferry dengan melakukan pembelian tiket secara online melalui/tiket.indonesiaferry.co.id, khususnya untuk pejalan kaki hingga kendaraan golongan V. Imelda menjelaskan hal tersebut dapat mengurangi potensi kepadatan saat terjadi lonjakan penumpang maupun kendaraan.

Dengan pembelian tiket elektronik, menurut Imelda, kapasitas dermaga juga menjadi terkendali dan pelanggan nyaman karena memiliki kepastian rentang waktu dari tiba di dermaga dan saat naik ke kapal. Dengan begitu penumpang tidak harus mengantre saat membeli tiket di pelabuhan.

"Sekarang di empat pelabuhan utama Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk juga telah

disediakan vending machine untuk transaksi pembayaran non tunai dan langsung cetak boarding pass," ungkap Imelda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement