Rabu 04 Dec 2019 15:32 WIB

Investor Harap Kebijakan Hulu Migas Lebih Baik

Potensi cadangan migas Indonesia masih cukup signifikan

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Ladang migas
Foto: Sony Soemarsono/Republika
Ladang migas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesian Petroleum Association (IPA) berharap kedepan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk kerja hulu migas bisa lebih baik lagi. Saat ini sudah banyak upaya pemerintah untuk bisa meningkatkan iklim investasi di Indonesia, hanya saja, perlu ada peningkatan di beberapa sisi.

Presiden Direktur ExxonMobil Cepu Limited, Louise McKenzie yang juga Presiden IPA menjelaskan dalam lima tahun terakhir era pemerintahan Presiden Jokowi ini, IPA melihat telah banyak capaian yang dilakukan Pemerintah Indonesia melalui penerapan peraturan yang yang mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk adanya fokus yang berkelanjutan pada sektor dan kebijakan energi.

Baca Juga

Ia menjelaskan focus Pemerintah saat ini tentang penyederhanaan perijinan dan peraturan, pembukaan data migas, dan upaya-upaya lanjutan lainnya untuk meningkatkan koordinasi antara kementerian dengan pemerintah daerah yang diyakini akan terus berlanjut pada waktu yang akan datang, sangat dihargai.

“IPA mengapresiasi kebijakan pemerintah yang memberikan akses dan keinginan bekerja bersama dengan pihak industri. Upaya menjaga kerja sama yang baik ini merupakan hal penting jika kita ingin mengembangkan industri dengan standar kelas dunia,” ujar Louise, Rabu (4/12).

Ia juga menjelaskan potensi cadangan migas Indonesia masih cukup signifikan. Lebih dari itu, sejumlah kajian pun menunjukkan adanya banyak cekungan di Indonesia yang belum dieksplorasi.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menemukan dan membangun sumber daya guna memastikan pertumbuhan ekonomi berjalan. “Jika kita bisa bekerja sama untuk memastikan pengelolaan risiko secara tepat, adanya kesucian terhadap kontrak, dan stabilitas kontrak, maka kita bisa membangun sumber daya energi demi masa depan Indonesia,” ucap Louise.

Ia juga menjelaskan IPA akan terus melanjutkan kerja sama strategis dengan Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan bahwa Indonesia bisa menarik lebih banyak investasi.

"Kami juga berkomitmen meningkatkan kinerja eksplorasi, meningkatkan produksi, dan memperkuat daya saing hulu migas Indonesia dengan tetap berusaha meningkatkan kualitas masyarakat di wilayah operasi,” ucap Louise.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement