Kamis 28 Nov 2019 15:58 WIB

Sepeninggal Ciputra, Begini Kelanjutan Bisnis Propertinya

Bisnis properti Ciputra akan tetap dijalankan anggota keluarga.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolanda
Jenazah pengusaha Ciputra disemayamkan di Gedung Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (27/11/2019).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Jenazah pengusaha Ciputra disemayamkan di Gedung Ciputra Artpreneur, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Grup Ciputra, Ir Ciputra, tutup usia pada Rabu (27/11) kemarin di Singapura. Sepeninggal pendirinya, bisnis properti yang sudah dirintis Ciputra sejak puluhan tahun lalu akan tetap dijalankan oleh anggota keluarga.

"Kami sebagai generasi penerus berkomitmen untuk terus mempertahankan legasi Pak Ciputra," ujar sang anak, Rina Ciputra Sastrawinata, di Ciputra World 1, Jakarta, Kamis (28/11).

Baca Juga

Rina mengatakan, bisnis properti Grup Ciputra masih akan mempertahankan bentuk organisasi yang sudah berjalan sekarang. Menurutnya, secara struktur, perusahaan tidak akan melakukan banyak perubahan.

photo
Komisaris dan Founder Crown Group, Iwan Sunito bersama Ir. Ciputra.

Pasalnya, dalam beberapa tahun belakang, Ciputra sudah memposisikan dirinya sebagai penasehat melalui jabatan komisaris utama. "Sebagai founder dan chairman Pak Ciputra selalu menyebut dirinya sebagai creative navigator yang menjadi pengarah untuk mengembangkan bisnis," kata Rina. 

Rina menambahkan, posisi penting di struktur organisasi perusahaan masih akan ditempati oleh anggota keluarga Ciputra. Seperti diketahui, saat ini posisi direktur utama diduduki oleh Candra Ciputra yang merupakan anak dari Ciputra. 

Tidak hanya struktur organisasi, menurut Rina, proyek-proyek yang sebelumnya sudah dikembangkan masih akan terus berlanjut. Menurut Rina, kepada anak-anaknya, Ciputra berpesan untuk lebih banyak membangun proyek yang bersifat sosial seperti membangun sekolah, universitas dan rumah sakit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement