Rabu 20 Nov 2019 14:44 WIB

Jargas Dumai Rampung, Ribuan Rumah Bisa Nikmati Gas Bumi

Jargas Dumai melayani 4.743 SR di dua kelurahan.

Peresmian jargas Dumasi.
Foto: pgn
Peresmian jargas Dumasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang akhir tahun 2019 ini, jaringan gas di Kota Dumai siap beroperasi guna melayani kebutuhan energi masyarakat. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berkomitmen untuk melaksanakan mandat dari Kementerian Energi  dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk membangun jargas.

Jargas Dumai akan melayani 4.743 Sambungan Rumah (SR)  meliputi dua kelurahan, dengan rincian 1.283 rumah di Kelurahan Teluk Binjai dan 3.460 rumah di Kelurahan Jaya Mukti. Jenis pelanggannya adalah kategori RT 2 atau setara dengan tingkat masyarakat dengan konsumsi listrik 1300 watt.

Baca Juga

Jargas Dumai yang dibangun sejak Mei 2019 oleh Kontraktor PT Hutama Karya (Persero). Jargas ini memanfaatkan sumber gas yang berasal dari PT Energi Mega Persada (EMP) Bentu Ltd.

“Dengan pemanfaatan gas bumi melalui Jargas di Dumai, masyarakat dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian dengan efisiensi yang didapatkan. Melalui energi baik yang mengalir non stop 24/7, masyarakat akan mendapatkan nilai lebih,” ungkap Santiaji Gunawan, SVP Strategic Stakeholder Management PGN.

Total panjang pipa Jargas yang dibangun di Dumai ini mencapai  lebih kurang 89 km. Jargas meliputi 79 km pipa PE 63 mm, ditambah 1,6 km pipa PE 180 mm, dan pipa CS 4 Inchi sepanjang 112 meter.

“Kami berharap pembangunan Jargas ke depan akan lebih massif, karena gas bumi merupakan energi baik yang aman efisien  untuk penggunaan sehari-hari sehinga rumah tangga mendapatkan manfaat langsung,” ucap Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement