Selasa 19 Nov 2019 16:08 WIB

Sesmen dan Deputi Definitif BUMN Ditetapkan dalam Dua Pekan

Penunjukan tiga deputi baru akan dilakukan bersamaan dengan sesmen BUMN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Menteri BUMN Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menunjuk pejabat eselon I yang baru dalam waktu dua pekan ke depan. Hal ini menyusul penyegaran yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir yang telah mencopot sekretaris (sesmen) Kementerian BUMN dan enam deputi Kementerian BUMN. "Dalam waktu dua pekan deputi definitif sudah ada," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (19/11).

Arya menyampaikan, penunjukan tiga deputi baru akan dilakukan bersamaan dengan sesmen BUMN serta inspektur jenderal (irjen) Kementerian BUMN. Kehadiran inspektorat jenderal (irjen), kata Arya, merupakan terobosan baru yang dilakukan Menteri Erick.

Baca Juga

"Ada yang selama ini yang  belum pernah diisi, di menteri sebelumnya belum pernah diisi. Itu akan diisi. Irjen fungsinya untuk pengawasan, baik internal dan BUMN," ucap Arya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menerapkan birokrasi yang efektif dan efisien. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya perombakan jajaran pejabat di Kementerian BUMN. Erick menyampaikan birokrasi yang efektif dan efisien merupakan misi dari Presiden Joko Widodo.

Saat ini, Erick telah didampingi wakil menteri (wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin. Mantan pemilik klub Inter Milan itu pun memangkas jumlah deputi yang ada di Kementerian BUMN.

"Nantinya, jumlah deputi di Kementerian BUMN akan dipangkas menjadi tiga posisi jabatan dari yang saat ini ada tujuh posisi jabatan," ujar Erick dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Senin (18/11).

Erick juga melakukan penyegaran birokrasi dengan memberhentikan sekretaris kementerian (sesmen) BUMN dan seluruh deputi yang ada. Nantinya, para deputi akan ditempatkan di sejumlah BUMN. Erick mengucapkan banyak terima kasih atas bakti para pejabat tersebut selama menjalankan tugas dan dalam membangun BUMN selama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement