Rabu 13 Nov 2019 22:45 WIB

Kembangkan Kawasan Industri Halal, BSM Gandeng Modern Estat

Kawasan industri halal akan dikembangkan di Modern Cikande Industrial Estate (MCIE)

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
ModernCikande Industrial Estate (MCIE) mengembangkan kawasan industri halal pertama di Indonesia.
Foto: ModernCikande Industrial Estate
ModernCikande Industrial Estate (MCIE) mengembangkan kawasan industri halal pertama di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Mandiri menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan PT Modern Industrial Estat yang merupakan anak usaha PT Modernland Realty Tbk. Kerja sama itu meliputi pemanfaatan produk layanan perbankan syariah untuk pengembangan kawasan industri halal di Modern Cikande Industrial Estate (MCIE), Serang, Banten.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Risk Management and Compliance Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa bersama Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson. Bertempat di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, perjanjian ditandatangani di sela acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) Jakarta, Rabu, (13/11).

Baca Juga

Putu berterima kasih, sebab Mandiri Syariah diberi kesempatan ikut membentuk ekosistem halal di Tanah Air. “Kami berkomitmen untuk berperan aktif dalam pengembangan keuangan syariah di Indonesia, termasuk penyediaan produk layanan dalam membangun kawasan industri halal,” ujarnya melalui siaran pers.

Mandiri Syariah, kata dia, juga siap mendukung kebutuhan pembiayaan dan penyediaan layanan seperti cash management, payroll, dan lainnya. Putu optimis, produk perseroan bisa mengakomodasi kebutuhan sekaligus keinginan para pegawai serta tenant PT Modern Industrial Estat.

"Kami siap memenuhi kebutuhan untuk pembiayaan rumah, kendaraan, umroh dan haji, cicil emas, dan sebagainya," ujar dia. Putu berharap, kerja sama ini menjadi berkah bagi kedua perusahaan serta masyarakat.

Dirinya berharap pula, sinergi tersebut mampu berkontribusi dalam pengembangan ekosistem halal. Kemudian berdampak pada peningkatan pangsa pasar bank syariah di Indonesia.

Sementara itu, Pascall menjelaskan, Modern Halal Valley merupakan kawasan industri halal pertama dan terbesar di Indonesia. Dengan luas 500 hektar, area yang berada di dalam kawasan ModernCikande Industrial Estate ini nantinya digunakan untuk berbagai kavling industri produk makanan, minuman, obat-obatan, kosmetika, juga properti.

“Dan tidak menutup kemungkinan bagi jenis industri lain yang berkaitan dengan produk turunan halal. Ke depannya gudang logistik, ruko serta 1000 perumahan dan dryport akan segera kami bangun di kawasan halal ini,” ujarnya.

Dikembangkan mengusung konsep lahan hijau, Modern Halal Valley merupakan generasi terbaru dari pengembangan kawasan industri modern. Kawasan itu pun dinilai telah memenuhi standarisasi halal, keamanan pangan, serta kelestarian lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement